Simfoni Senkom Rescue Bersama Relawan, Tanam Cemara Laut dan Selamatkan Pantai Dari Sampah Plastik

Bersama Relawan, Senkom Rescue Tanam 3.000 Cemara Laut Perkuat Perlindungan Abrasi Di Pesisir Pantai Cilacap


Senkomsidoarjo.or.id | Cilacap - Sebanyak 3.000 pohon cemara laut ditanam di pesisir Pantai Sodong , Karangbenda, Cilacap, Jateng. Penanaman pohon ini diinisiasi oleh Sinergi Filantropi Foundation Cilacap dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Cilacap ke-167 Tahun 2023, Dengan Mengusung tema "Simfoni Tanam Cemara Laut dan Selamatkan Pantai Dari Sampah Plastik". Minggu, (12/3/2023).

Senkom Rescue Bersama Relawan, Bersih-bersih Pesisir Pantai di Cilacap dari sampah plastik

Taufik Nurhidayat Ketua DPRD Kabupaten Cilacap dalam sambutanya menyampaikan, penanaman 3.000 bibit pohon cemara laut tersebut untuk menahan potensi abrasi di daerah pantai.

“Ini sangat penting untuk kita semua dalam rangka menjaga kondisi lingkungan,kepedulian lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama,"Katanya.

"Cemara laut atau cemara udang (casuarina equisetifolia) menurutnya dapat meningkat produktivitasnya dan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat, Pemanfaatkan cemara laut diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat pesisir," imbuhnya.

“Cemara laut merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir. Jenis ini mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan,” ungkapnya.

Penanaman pohon ini melibatkan relawan diantaranya BPBD Kabupaten Cilacap, PMI, Pemdes Karangbenda, Senkom Rescue, Siswa-siswi Dari SMP dan SMA, komunitas pecinta alam, warga masyarakat dan Relawan lain kurang lebih 350 peserta yang turut berpartisipasi dalam penanaman cemara laut serta bersih-bersih pantai.

Dikesempatan ini Senkom Rescue Kabupaten Cilacap Menerjunkan 20 Personilnya utuk ikut serta dalam  kegiatan tersebut. menurut Sukadi Okada Selaku Koordinator lapangan Senkom Rescue Distrik Kroya.

”Sesuai dengan Tagline Senkom Rescue siaga di saat aman ada saat di butuhkan, Inilah salah satu bukti nyata kiprah pengabdian Senkom Rescue ikut serta menjaga keindahan keasrian alam salah satunya dengan menanam pohon untuk keberlangsungan alam dimasa depan," Ujar Sukadi.


Direktur Sinergi Filantropi Foundation Via Anggraeni, memberikan apresiasi atas Kesemangatan semua peserta yang hadir untuk  menanam pohon dan bersih pantai, Termasuk kepada Senkom Rescue Kabupaten Cilacap dengan Diakhiri Sesi Foto Bersama.

“Lingkungan tempat kita hidup harus kita jaga. Ini adalah tanggung jawab kita semua, baik pemerintah, instansi terkait maupun warga. Mari kita gencarkan penanaman pohon dan kita jaga lingkungan hidup,” kata Via. (Adit/ghoni)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara