Cegah Anak – Anak Mengendarai Motor

Aksi anak di bawah umur mengendarai mobil dan motor sudah bukan pemandangan baru lagi di Indonesia. Fenomena ini terjadi dari kota besar hingga seluruh pelosok di Indonesia dan sepertinya sulit dicegah.

Kasat Lantas Kebumen AKP. Catur C. Wibowo, SIK. MM. mengatakan fenomena ini sudah mulai berkembang di Kebumen, berbagai alasan dikemukakan mulai dari alasan efisiensi waktu, faktor ekonomi , dan lain sebagainya. Seolah para orang tua membiarkan jika anak-anaknya yang masih di bawah umur itu mengendarai motor.

” Seolah ada rasa bangga jika anaknya ( yang masih di bawah umur ) bisa mengendarai motor, meskipun itu melanggar peraturan lalu lintas“, tambah AKP Catur. 


Data TMC Sat Lantas Polres Kebumen menyebutkan kasus kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur hingga bulan Juni 2013 sebanyak 7,89% atau 15 kasus dari 190 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama semester 1 tahun 2013. Jika dibandingkan dengan data pada semester 2 tahun 2012 jumlah kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur tersebut mengalami kenaikan 3,59%.

” Meskipun terbilang kecil namun jika dibiarkan bukan tidak mungkin pada tahun – tahun berikutnya jumlahnya akan bertambah besar. Polisi saja tidak cukup, harus ada yang bantu, tanpa adanya kerjasama dari masyarakat khususnya pihak sekolah dan orang tua, saya rasa tidak mungkin menyelesaikan masalah ini “, jelas AKP. Catur.

AKP Catur juga menambahkan karena itu sudah sepatutnya masyarakat khususnya para orang tua memahami bahwa untuk mengendarai motor diperlukan ketrampilan dan kemampuan, paling tidak sang pengemudi sudah harus paham betul apa yang dia dikendarai. Jika tidak kesalahpahaman pengemudi yang tidak mampu mengontrol kecepatan akan terus terjadi, dan otomatis kecelakaan di jalan raya meningkat.

” Orang tua harus ikut aktif karena keselamatan lalu lintas dimulai dari keluarga “. tutup AKP Catur.
(Sumber : Humas Mabes Polri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara