PENGABDIAN SENKOM UNTUK NKRI



















Pengamanan Lebaran yang dilaksanakan oleh PP Senkom di Kemenhub dan di Korlantas berjalan baik yaitu :

Untuk di Kemenhub, Senkom ditempatkan di ruang monitor utama, di mana di ruangan monitor utama itu sebagai acuan data pelaporan semua Tim pemantau lebaran di seluruh indonesia baik Darat, Laut, Udara, BMKG, KNKT, BASARNAS dan Kereta Api. 

Dengan ditempatkannya Senkom di ruang monitor utama ini, maka segala informasi yang masuk melalui fasilitas Senkom  EQSO, SMS Senter, MTMC) bisa segera diketahui oleh semua peserta Pemantauan arus Lebaran dan juga dipantau oleh Pak Menteri. 


Pada waktu pembukaan Senkom juga merupakan salah satu perwakilan yang disematkan secara simbolik oleh Menteri Perhubungan sebagai pemantau arus Lebaran dan juga menurunkan personil untuk mengikuti acaa pembukaan posko sebanyak dua pelton mengikuti upacara pembukaan. 

Pada waktu Presiden meninjau lokasi yang didampingi Wappres dan beberapa Menteri serta Kapolri dan Kasum TNI, Senkom sempat berdialog dengan Presiden dan sewatu dialog kami sampaikan tentang partisipasi Senkom dalam turut membantu pengamanan arus mudik lebaran tahun 2014. Bapak Presiden berterimakasih dan mengapresiasi peran Senkom dalam pam arus mudik lebaran. Pada saat wakil menteri perhubungan memberikan pemaparan di hadapan Bpk.Presiden juga mengucapkan terima kasih atas peran Senkom dalam turut serta Pam Arus mudik Lebaran karena dari seluruh peseta Pam Lebaran hanya Senkom yang bukan instansi pemerintah namun dimasukan di ruang utama pemantauan. Sewaktu diadakan teleconfrent antara Bpk. Presiden dengan beberapa daerah tempat terminal pemberangkatan dan terminal tujuan baik Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera , yang mendampingi teleconfrent di beberapa daerah juga anggota Senkom dan terlihat sangat jelas ada anggota Senkom yang mengikuti giat tersebut. 

Setiap evaluasi Senkom juga selalu menjadi perhatian dari dirjen perhubungan darat, karena pernah ada kejadian kecelakaan, pihak perhubungan darat tidak terdeteksi/tidak tahu, namun di Senkom terlihat dengan jelas ada gambar kejadian dan tempat kejadian serta waktu kejadian yang dikirim oleh anggota Senkom yang tersebar di seluruh Indonesia. Bapak menteri sewaktu penutupan Poskonas juga memberikan apresiasi kepada Senkom dan berharap kerjasama ini terus dibina dan selalu lebih disempunakan dari kekurangan kekurangan.

Di Poskonas yang ada di Korlantas Senkom juga sangat diterima dengan baik mengingat Mabes Polri sudah menyaksikan bahwa di setiap ada posko mudik Polri di situ ada senkom. Di Posko yang di Korlantas ini sangat membantu mengetahui jumlah korban yang di darat, karena semua kejadian kecelakaan di darat masuk ke Poskonas yang ada di Korlantas, hal ini bisa membantu data kecelakaan di darat pada waktu evaluasi yang diadakan di Poskonas yang ada di Kemenhub. Bapak Kapolri juga terlihat sangat senang sewaktu mendapingi Bpk.Presiden meninjau ke Poskonas mudik lebaran ketemu dengan anggota Senkom juga bertugas dalam pemantauan mudik lebaran dan sewaktu meninjau jembatan Comal Bpk. Kapolri juga menyempatkan untuk memberi ucapan selamat kepada anggota Senkom yang bertugas di jembatan Comal.

Catatan kecelakaan pada acara pemantauan mudik lebaran tahun 2014 secara nasional yaitu : 2.662 kejadian, terdiri dari luka ringan 3.496 jiwa, luka berat 911 jiwa, meninggal dunia 583 jiwa, kerugian materi Rp. 6.154.277.100,- (enam milyar seratus lima puluh empat juta dua ratus tujuh puluh tujuh ribu seratus rupiah).

Jumlah Posko Senkom yang tersebardi seluruh Indonesia tahun 214 sebanyak 695 posko dan semua posko gabungan dengan Polri, TNI, Perhubungan dan Dinas kesehatan. Laporan dari daerah-daerah untuk posko tahun ini Senkom lebih diperhatikan oleh Polri yaitu terbukti Polri di tingkat Polda dan Polres dan Polsek mengundang Senkom sejak persiapan posko dan ini juga karena ada telegram dari Kapolri agar Kepala Polisian di daerah melibatkan Senkom dalam posko Lebaran tahun 2014 dan membuat laporan hasil kegiatannya. Hal ini membuktikan kemitraan antara Senkom dan Polri semakin baik dan saling menguntungkan.

Menghadiri pelantikan KASAD dari Pak Jenderal TNI Budiman ke Letjen TNI Gatot Nurmantiyo di Mabes Angkatan Darat , sertijab tersebut dipimpin oleh Panglima TNI Bpk. Jenderal TNI Muldoko sewaktu pelantikan kami juga ketemu dengan Panglima TNI dan juga Kapolri dengan Waka Polri. Acara pelantikan cukup sederhana, tidak ada atraksi peragaan kemampuan Angkatan Darat, namun cukup hikmat karena bersamaan dengan bulan suci romadhon.

Menandatangani MOU dengan Ka.BNN yang disaksikan oleh Menpora di kantor BNN yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Dalam sambutan Ka BNN Bpk. Konjen Anang Iskandar menyampaikan bahwa BNN dalam melaksanakan tugasnya bisa menggunakan dua pendekatan yaitu dengan Rehabillitasi dan Gakum. Untuk pendekatan rehabilitasi akan diberlakukan pada para pengguna Narkoba sedangkan untuk Gakum diberlakukan pada para pengedar dan bandar Nakoba yang menyebabkan rusaknya mental bangsa. Dengan ditanda tangani MOU tersebut maka Senkom bisa mengambil peran sebagai penyuluh dan mediator antara pecandu yang selama ini takut akan ditangkap polisi karena menggunakan narkoba. Apabila betul para pecandu ingin sembuh maka Senkom bisa mengantarkan ke BNN untuk dilakukan Rehabilitasi/diobati agar bisa sembuh dan tidak kecanduan narkoba. BNN sangat berharap dalam mengatasi rusaknya mental bangsa karena terpengaruh menggunakan narkoba ini, dengan MOU ini BNN sanggat berharap kepada Senkom yang punya jaringan seluruh Indonesia bisa membantu BNN dalam mengurangi pecandu Narkoba yang tentunya tetap sesuai tupoksi dan kewenangan masing masing.

Sewaktu bulan puasa kami juga menghadiri acara buka puasa bersama, yang diadakan oleh Ormas ormas Nasionalis, KNPI dan juga beberapa kementerian yang mengadakan acara buka bersama, Senkom juga diundang.

Dalam rangka meningkatkan kwalitas anggota Senkom maka direncanaan PP Senkom akan mengadakan pelatihan Khusus diberi nama Senkom Reaksi Cepat (SRC). Kegiatan ini akan segera laksanakan mengingat dengan banyaknya gangguan kamtibmas di negara kita dan juga banyaknya potensi bencana di negara kita, maka perlu petugas yang profesional, handal dan bertanggung jawab, dan Tim ini milik PP Senkom yang nantinya bisa diterjunkan ke seluruh inndonesia sesua kebutuhan dengan kendali PP. Senkom dan untuk pengembangannya direncanakan Provinsi juga bisa mengadakan setelah pusat sudah terbentuk, dan untuk materinya tinggal mengadopsi Pusat. Untuk calon peserta diutamakan wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Resume Kegiatan Senkom MItra Polri
-----------------------------------------
Kepala Polri mengirim telegram kepada seluruh Polda dan diteruskan hingga Polres dan Polsek, supaya satwil Kepolisian melibatkan Senkom dalam kegiatan Pam Lebaran. Hasilnya, Senkom di seluruh Indonesia mendapat surat resmi dari masing2 kepala satwil Kepolisian untuk turut berperan aktif dalam apel dan giat pam lebaran.

PP Senkom menandatangani MoU dengan BNN disaksikan Menpora, PSSI, KONI.
PP Senkom didukung jajaran Senkom Jaya mengikuti pembukaan Pam Lebaran di Kementerian Kominfo.

PP Senkom didukung jajaran Senkom Jaya mengikuti pembukaan Pam Lebaran di Kementerian Perhubungan. Senkom tetap ditempatkan di ruang kendali utama Posko seperti tahun2 sebelumnya dan mendapat apresiasi karena laporan2nya yang rapi, cepat dan akurat.
PP Senkom menempatkan personil di pusat pemantauan arus mudik NTMC Korlantas Polri.
PP Senkom mengirim utusan untuk turut dalam pemantauan penghitungan suara Pilpres, dan mendapat respon positif serta ditempatkan di Ring 1 gedung KPU (di dalam dan diluar ruangan).
PP Senkom mengikuti pelatihan teknis BNPB di Bogor. 23 Juli 2014.

Senkom Belitung lak giat PAM "OPS Ketupat 2014" selama 16 hari, 22 Juli 2014 s/d 6 Agustus 2014 di tiga PosP am dan 2 Pos Pelayanan, mendapat dana bantuan pengamanan dari PEMDA melalui Kabag Ops Polres Belitung sebesar Rp29.120.000; untuk operasional selama pengamanan.
Anggota Senkom yang bertugas di Pos PAM Panorama Lembang Bandung mengamankan copet.
Senkom Kab. Indramayu diundang Kapolres Indramayu untuk mengikuti Apel Gelar Pasukan Pam Ketupat Lodaya 2014 di Mapolres Indramayu, Senin tgl 21/7/2014, mengirimkan 1 peleton.

Pengurus Prov Bali, Ketua, Wk Bendahara, Ketua Kab. Jembrana dan pengurus lain menghadiri undangan Rakor di Mapolres Jembrana dalam rangka Ops Ketupat Agung 2014, pada 18 Juli 2014 dianjutkan gelar pasukan di Pelabuhan Polres Jembrana selanjutnya bertugas di Posyan Lebaran 2014 SENKOM Mitra Polri Bali, Pelabuhan Gilimanuk - Polres Jembrana, Bali.

Gelar pasukan Operasi Ketupat serentak di 10 kota/kab di NTB, termasuk di Mapolda lapangan Gajah Mada POLDA NTB, anggota Senkom yang diturunkan untuk upacara di Polda 21 personil.

Senkom Kab Bekasi diundang Kapolresta Bekasi untuk mengikuti Apel Gelar Pasukan Pam Ketupat Jaya 2014 di Mapolreta Bekasi. Senin tgl 21/7/2014. Senkom Kab. Bekasi bisa mengirimkan 1 peleton .

Senkom Prov Papua mengikuti Gelar Pasukan Operasi Ketupat Matoa 2014 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Brigjen Pol Drs. Yotje Mende, M. Hum dihadiri Wakapolda Papua, Danlantanal X, Sekda Kota serta Pejabat utama di lingkungan Polda Papua di halaman Mapolda. 21 Juli 2014

Senkom Mitra Polri Kabupaten Belitung mendapat undangan untuk mengikuti upacara gelar pasukan Operasi ketupat 2014 yang diadakan dihalaman polres Belitung, pasukan terdiri dari TNI-AU, TNI-AD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan PM, Saka Bhayangkara, ORARI, RAPI, Satpol-PP, DAMKAR, dan para Personil kepolisian di jajaran Polres Belitung. acara dipimpin langsung oleh Bupati Belitung selaku inspektur upacara, dalam upacara ini senkom mendapat kehormatan sebagai satu-satunya ormas yang mewakili penyematan pita operasi ketupat menumbing, diluar dari instansi pemerintahan. Senin 21 Juli 2014.

Senkom Prov Jabar dan 60 personil dari Sektor Kota Bandung telah mengikuti Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2014 di Lapangan Gasibu Kota Bandung.

Senkom Kab. Jember mendapatkan undangan untuk Gelar Pasukan di Alun-alun dan anggota yang diturunkan +- 90 Personel. Anggota Senkom menjadi pasukan yang dengan jumlah anggota terbanyak dibandingkan dengan instansi lain diluar TNI/Polri. Jajaran Camat di Kab. Jember juga menginginkan Senkom hadir di kantor Kecamatan membantu tugas mereka, mereka menginginkan bukan hanya polisi saja yang disupport.

SENKOM Kota Ternate dilibatkan dalam Apel Gelar Pasukan pada Operasi Ketupat Tahun 2014 POLDA Maluku Utara.

SENKOM MITRA POLRI Tulang Bawang menghadiri upacara gelar pasukan ketupat lebaran 2014 di Polres Tulang Bawang dengan inspektur upacara  Bupati Tulang Bawang Hanan A razak, upacara juga dihadiri oleh Dandim/TNI, Kapolres, Senin 21 juli 2014,
Ketua Senkom Sumsel dan sekretaris. Ketua Senkom Ogan Ilir. Ketua Senkom Banyuasin. Ketua Senkom Prabumulih mengikuti rapat lintas sektoral di Gedung Rekonfu Mapolda Sumsel. Acara dibuka Kapolda Sumsel Irjend Pol drs Saud Usman Nasution, Kamis 17 juli 2014.

Senkom Mitra Polri kota Binjai latihan PBB dengan Polres Binjai yang dilatih dari Binmas Polres yaitu Bapak Darusman dan Abdullah dan juga dihadiri oleh Kasat Binmas AKP. Dahlan. Personil Senkom yang mengikuti 25 orang, 28 Juni

Senkom dan warga LK. V Jati Makmur Kec. Binjai utara giat bersih parit/drainnase dalam rangka nyambut idul fitri dan Hut RI ke 69 yang dihadiri kepala lingkungan, para tomas, toga dan warga sekitarnya. Minggu 13 Juli

Senkom Kota Palembang rapat bersama Kasat Binmas dan kabag OPS Polresta Palembang persiapan pospam lebaran idul fitri, Hari Senin 14 Juli 2014

Pengprov Jabar menghadiri Rakor Lintas Sektoral Ops Ketupat Lodaya di Mapolda Jabar sesuai undangan terlampir. Senin, 14-7-2014

BNPB mengadakan kegiatan bertema FASILATOR DESTANA 2014 di Batam Center Hotel Harmone One dihadiri oleh deputi bidang kebencanaan, direktur kebencanaan serta perwakilan Indonesia bagian barat dn timur, dan dari BNPB meminta Senkom Prov Kepri membantu jalan nya pelaksanaan tersebut. Dalam kesempatan kali ini Senkom Kepri mendapat undangan VIP  5 personil serta dari Senkom Kota Batam mendapat undangn 3 orang , serta sebagai pembaca doa dari Senkom,
Setelah berbuka puasa Senkom Tarakan menghadiri Apel Pengamanan Malam Takbir Idul Fitri 1435 H yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Tarakan. Minggu 27 Juli 2014 Pukul 19. 00 . Senkom Tarakan dipercaya menempatkan personilnya di beberapa titik untuk mengamankan pelaksanaan pawai takbir yang diperkirakan cukup padat karena disertai dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi dalam menyambut malam 1 syawal ini. 


Wakil Ketua Senkom Kota Tangerang-Banten  (Drs. Pranowo)  mengikuti Rakor yang diselenggarakan oleh Polres Metro Tangerang Kota, dalam rangka Rakor Pam Ketupat Jaya dan Pam mudik Lebaran 2014, yg dilaksanakan di Rupatama(ruang rapat utama) Polres Metro Tangerang Kota. Rakor dipimpin langsung  oleh Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes. Pol Riad Sik, Mik, dihadiri oleh DanDenpom, , Dandim, Kasat Pol PP, Dinkes, Bina Marga dan jajaran Kasat, serta jajaran yg lain. Senin, 21 juli 2014.

Senkom MP Kab Kotabaru menghadiri undangan untuk mengikuti acara pembukaan latihan gladi posko 1 penanggulangan banjir kab Kotabaru . 5 Juli 2014. Hadir dalam acara tersebut ; Kasrem 101 Antasari , Kol. inf Heri Pribadi , Dandim 1004 Kotabaru Letkol Khabib Mahfud , Kapolres kotabaru AKBP Rizal Irawan Sik. Mh , Kabag OPS Polres kotabaru , Kompol Hendra Irawan Sik , Ketua DPRD kab kotabaru , Alpidri Supiannor ST , dan beberapa instansi PEMDA serta beberapa rekan Basarnas , satpol PP , BPBD kotabaru.

Senkom Kota Batam mengikuti acara Hari Anti Narkoba Internasional ( HANI ) yang diselengarakan oleh Polda Kepuluan Riau (Kepri) tanggal 26 Juni 2014.

Senkom Mitra Polri Ogan Ilir menghadiri undangan Kapolres Ogan Ilir dalam rangka penelitian tahap 2 strategi ke pemimpinan Polri menuju Polri yang Presisi di era 4.0 bertempat di Aula Polres Ogan Ilir (16/11/22)


 
















Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara