Fungsi Dan Peran Ormas Dalam Menjaga Keamanan Non Militer

Senkomsidoarjo.org|Kamis, 25 Oktober 2018, Pukul 09.30 wib bertempat di Ruang Hal, Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo, telah dilaksanakan kegaiatan
Badan Kesatuan bangsa dan politik Kabupaten Sidoarjo Tahun 2018 Penguatan Fungsi dan Peran Ormas dalam menjaga Kebhinekaan sebagai sendi persatuan dan kesatuan di Kabupaten Sidoarjo, berkaitan dengan hal tersebut Tema " FUNGSI DAN PERAN ORMAS DALAM MENJAGA KEAMANAN NON MILITER " yang di hadiri 70 orang, dipimpin oleh Ketua Kesbangpol Kabupaten Sidoarjo.
Hadir dalam rakor tersebut,
1. Kapten CPL Khoiri Danramil 0816/07 Krembung.
2. Kodim 0816 Sda (  Zainul unit intel).
3. Kaban Kesbang Pol Jatim Sunarto. ( Mulyawan,Bambang,Gunawan ).
4. Bakesbang Propinsi Jatim
5. Para ketua Ormas se Kabupaten Sidoarjo (termasuk diantaranya Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo)
6. UNER Prof Listiono
Ketua Kesbangpol, Drs. Mulyawan, menyampaikan, "Dalam pertemuan ini ada beberapa hal yang perlu diketahui  dan disikapi bersama, Agar Semua organisasi Kemasyarakatan agar selalu menjunjung tinggi organisasi Swadaya Kemasyarakatan ORMAS harus bersikap netral dan tidak memihak salah satu intansi".

Organisa Kemasrakatan agar selalu di pegang teguh dan menjujung tinggi peraturan Perundang Undangan yang telah di terapkan.

Sebagaimana kita ketaui bahwa organisasi kemasyarakatan adalah salah satu pilar diantara 3 utama penyanga pemerintah kita, organisasi kemasyarakatan sejak era reformasi telah muncul sebagai kekuatan baru baik sebagai kelompok baru atau kelompok pendukung dalam hal pertahanan.

Pemerintah Indonesia tidak pernah meratifikasi undangan maka sifatnya kemanusiaan yang angotanya masyarakat degan memiliki kultur dan struktur yang dekat dengan keseharian masyarakat Ormas.

Sehinga perlu di bangun pola kemitraan positif antara organisasi kemasyarakatan dan pemerintah sehinga terbangun sinergitas dalam membangun kabupaten Sidoarjo kedepan serta mewujudkan pemerintahan yang baik dalam menjaga Konflik karena Ormas berperan menjaga keamanan non Militer.

Pemerintah berusaha menjaga keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan.

Para pengurus dan anggota ormas agar berjalan sebagi fungsi dan tujuan ormas, hal tersebut harus di sikapi dengan suatu peraturan Perundang Undangan yang telah di Akomodatif terhadap keberadaan dan optimalisasi peran.

Negara Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang Undang Nmr 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan yang telah di ubah dengan Undang-undang no. 16 Th 2017 tentang organisasi masyarakat menjadi UU peran yang dilakukan oleh organisasi yaitu tidak melupakan hak dan menghindari larangan yang tercantum di dalamnya.

Sementara menurut Kesbangpol Propinsi Jatim Bapak Sunarto, bahwasannya, Ormas dalam segala bentuk Hadir, tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan sejarah kehidupan bermasyarakat bangsa dan Negara mempunyai kewajiban berpartisipasi dalam upaya mewujudkan cita cita Nasional serta menjaga kedaulatan NKRI.

Sebuah Ormas terbentuk haruslah juga bertujuan untuk menjaga memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagaimana tertuang dalam undang undang Ormas harus berazaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Repuplik Indonesia.

Dalam kesempatan ini pula Prof. Listiono dari UNER menyampaikan bahwasannya Kemerdekaan adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan salah satu prinsip Persatuan  mengandung maksud adanya satu Cita-cita dan satu Kehendak.

Spirit Kebhinekaan ini sudah seharusnya tetap tertanam di setiap tubuh Organisasi kemasyarakatan.
Ormas di Wilayah Kabupaten Sidoarjo yang sangat intelektual kami harapkan membantu menjaga kedaulatan dan saling bersinergitas dengan intansi terkait Kabupaten Sidoarjo.

Melalui kegiatan ini di harapkan dapat menanamkan semangat Kebinekhaan dalam setiap bermasyarakat.

Kemudian acara dilanjutkan Sambutan dari Kodim 0816 Sidoarjo Kapten CPL Khoiri yang intinya :

Ancaman Kebangsaan baik Militer maupun Non Militer itu bisa terjadi sewaktu waktu bila peran masyarakat tidak mendukung militer.

Pada saat ini Ormas atau elemen masyarakat selalu bersinergitas dan selalu memberikan informasi kepada aparat terkait maka ancaman dari pihak luar akan takut dan berpikir.
‎Karena selama ini Indonesia di kenal dengan gerilya dan militernya yang sangat banyak, padahal itu merupakan masyarakat yang mempunyai jiwa kebangsaan dan berhak membela NKRI.

TNI selalu membangun Sinergitas dengan Ormas dan tokoh masyarakat  dalam menjaga persatuan dan kesatuan wilayah NKRI ini.

Rangkaian kegiatan Fungsi dan peran ormas dalam menjaga keamanan non militer selesai tertib lancar dan aman. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara