Pembinaan Ormas Se-Kota Yogyakarta dengan Tema Ormas dan Semangat Kebhinnekaan

Pembinaan Ormas Se-Kota Yogyakarta dengan Tema Ormas dan Semangat Kebhinnekaan


Senkomsidoarjo.or.id | Yogyakarta -  Bakesbangpol Kota Yogyakarta mengadakan Pembinaan Ormas se-Kota Yogyakarta dengan Tema  "Ormas dan Semangat Kebhinnekaan"  yang dihadiri lebih kurang 35 orang pada Selasa 15/03/22 di Hotel Abadi Malioboro (Jalan Pasar Kembang Nomor 49, Sosromenduran, Gedongtengen, Kota Yogyakarta) dan dihadiri beberapa pejabat penting, diantaranya, 


1) Drs. Heroe Poerwadi, MA (Wakil Walikota Yogyakarta)


2)Budi Santosa, S. STP, M. Si (Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta)


3) Widiyastuti, M. Hum (Kabid Poldagri dan Ormas Bakesbangpol Kota Yogyakarta)


4) Agung Priyanto, ST (Kasubid Ormas Bakesbangpol Kota Yogyakarta)


5) Ambarwatie, SE (Kasubid Poldagri Bakesbangpol Kota Yogyakarta)


6) Suniyat (LVRI Kota Yogyakarta) 


7) Anggota LVRI Kota Yogyakarta


8) Staf Bakesbangpol Kota Yogyakarta


Pembinaan Ormas Se-Kota Yogyakarta dengan Tema Ormas dan Semangat Kebhinnekaan


Dalam sambutannya, Budi Santosa, S. STP, M. Si selaku Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta, mengatakan, 

"Pemerintah Kota Yogyakarta (khusunya Bakesbangpol) sangat senang dapat bersilaturahim dengan para Veteran. Acara ini adalah bukti hadirnya Negara bagi para Veteran. Veteran merupakan patriot bangsa, kalau tidak ada Veteran tentu tidak ada bangsa ini. Silaturahim dengan para Veteran ini sangat sesuai dengan ketugasan Bakesbangpol (urusan pemerintahan umum) untuk mengobarkan Nasionalisme, menjaga persatuan dan kesatuan, serta merawat Kebhinekaan".


Bakesbangpol siap menampung dan membantu merumuskan semua saran dari para Veteran. Bakesbangpol akan selalu mengundang para Veteran dalam acara-acara terkait Nasionalisme. Bakesbangpol juga siap memfasilitasi para Veteran agar bisa menceritakan pengalaman mereka berjuang lewat media-media baru seperti podcast. Terakhir Bakesbangpol meminta doa restu dari para Veteran agar mampu mengemban amanah dengan baik.



Dalam sambutanya, Drs. Heroe Poerwadi, MA (Wakil Walikota Yogyakarta) mengatakan, "Selama ini Pemerintah Kota Yogyakarta ikut memperingati perjuangan para Veteran pada momen Serangan Oemum (SO) 1 Maret, Jogja Kembali, dan pertempuran Kotabaru. Pemerintah Kota Yogyakarta bersyukur karena SO 1 Maret sekarang sudah ada Keppresnya. 


Persoalan Nasionalisme sekarang ini sangat penting untuk ditumbuhkan kembali. Anak-anak dan generasi muda sekarang belum memiliki kesadaran sejarah tentang perjuangan Bangsa Indonesia.


"Nasionalisme menjadi semakin penting, mengingat keadaan global yang membuat Indonesia sekarang ini dibanjiri barang-barang impor yang lebih disukai konsumen di Indonesia. Secara perlahan kemandirian ekonomi bangsa ini tergerus terus menerus. 

Pemerintah Kota Yogyakarta, dalam hal ini Dinas Sosial, mempunyai program "Simbah Bercerita" untuk memfasilitasi para Lansia menceritakan pengalaman mereka di PAUD-PAUD dan TK di seluruh Kota Yogyakarta.


Program-program tersebut juga berjalan di kampung-kampung literasi. Sebagai bentuk penghargaan, Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan tali asih kepada para Veteran.


Kemudian dalam sambutannya, 

Suniyat, LVRI Kota Yogyakarta, mengatakan, 

"Pasca peristiwa Perang Kemerdekaan 1945-1950 para Veteran belum mempunyai wadah. Akhirnya pada 2 Januari 1957 Legiun Veteran Republik Indonesia terbentuk. Selain itu, setiap tanggal 10 Agustus juga ditetapkan sebagai Hari Veteran Nasional melalui Keputusan Presiden. 

LVRI Kota Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Yogyakarta". Tutur Suniyat, LVRI Kota Yogyakarta. (Agusc)


Baca juga 👇

Kapolda DIY Dorong Senkom Terus Berpartisipasi Aktif dalam Harkamtibmas

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara