Pemkot Surabaya Dan PMI Jalin Kerjasama Dengan Relawan Se Jatim


Senkomsidoarjo.or.id | Bertempat di halaman Indoor Gelora Bung Tomo Jl. Jawar No. 1, Kec. Pakal Surabaya telah dilaksanakan Apel Pembukaan Temu Karya Relawan Provinsi Jawa Timur Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya dan PMI Kota Surabaya Tahun 2022 dengan tema Terus Tebar Kebaikan, diikuti oleh 640 orang peserta apel.(31/10/22)

Hadir dalam apel, Ketua PMI Jatim (Bapak Imam Hutomo S) Beserta Staf PMI Jatim, Ketua PMI Kabupaten Dan Kota Se Jatim, Staf ahli PHPI Pemkot Surabaya (Bapak Afgani), Danramil 0830/06 Benowo (Mayor Inf Agung Prasetyo Budi, S.T)

Adapun peserta apel terdiri dari : 

1. Kontingen Relawan Kab. Bojonegoro

2. Kontingen Relawan Kota Batu

3. Kontingen Relawan Kab. Banyuwangi

4. Kontingen Relawan Kab. Bangkalan

5. Kontingen Relawan Kota Surabaya

6. Kontingen Relawan Kota Kediri

7. Kontingen Relawan Kab. Lamongan

8. Kontingen Relawan Kota Mojokerto

9. Kontingen Relawan Kab. Tuban

10. Kontingen Relawan Kab. Probolinggo

11. Kontingen Relawan Kota Blitar

12. Kontingen Relawan Kab. Kediri

13. Kontingen Relawan Kab. Bondowoso

14. Kontingen Relawan Kab. Sidoarjo

15. Kontingen Relawan Kab. Sampang

16. Kontingen Relawan Kab. Lumajang

17. Kontingen Relawan Kab. Pamekasan

18. Kontingen Relawan Kab. Malang

19. Kontingen Relawan Kab. Jember

20. Kontingen Relawan Kab. Pasuruan

21. Kontingen Relawan Kab. Ngawi

22. Kontingen Relawan Kab. Ponorogo 

23. Kontingen Relawan Kab. Blitar

24. Kontingen Relawan Kab. Jombang

25. Kontingen Relawan Kab. Nganjuk

26. Kontingen Relawan Kab. Magetan

27. Kontingen Relawan Kota Madiun

28. Kontingen Relawan Kota Malang

29. Kontingen Relawan Kab. Pacitan

30. Kontingen Relawan Kab. Tulungagung

31. Kontingen Relawan Kab. Trenggalek.

32. Kontingen Relawan Kota Pasuruan



Disela-sela acara, pihak panitia mengatakan bahwa,

"Hari ini kita selenggarakan Temu Karya Relawan Jawa Timur terhadap relawan pada jenjang perguruan tinggi untuk selanjutnya akan menjadi peserta dalam event Temu Karya Nasional.

Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan berinteraksi dengan masyarakat untuk itu dalam Temu Karya ini diselenggarakan pentas seni di kelurahan Pakal Kota Surabaya.

Dalam pelaksanaan pembukaan Temu Karya ini diikuti oleh 38 Kabupaten Kota sementara pelaksanaan Temu Karya diikuti oleh 29 Kabupaten Kota

Keikutsertaan dengan memperhatikan ketersediaan kapasitas lapangan diberikan batas maksimal 30 orang

Kegiatan yang dilakukan ini meliputi bidang Temu Peningkatan Kapasitas Lokal Karya, Kepalangmerahan Sosial Media Citra Organisasi Kesiapsiagaan Individu. kegiatan pertemuan relawan bidang karya meliputi pengembangan kapasitas asesment PP dan evakuasi manajemen informasi posko hunian distribusi dan of primer simulasi PDB dan peduli lingkungan, bidang persahabatan meliputi kerelawanan favorit pada kebudayaan pintas seni dan budaya permainan persahabatan dasar kewirausahaan.

Kegiatan ini juga dilaksanakan Bhakti Sosial dalam bentuk pemberian bingkisan kepada anak panti asuhan.



Dan dalam amanatnya, H. Imam Utomo S (ketua PMI Jatim), mengatakan "Hari ini kita layak memanjatkan syukur kepada Allah SWT karena kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat dan dalam suasana keakraban, saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya temu karya ini karena ini menjadi bagian dari membangun karakter generasi muda.

Perjalanan budaya akibat pengaruh global telah berubah, ikatan sosial semakin memudar, rendahnya kepedulian, bahkan nilai-nilai luhur bangsa diabaikan, kondisi seperti itu sungguh sangat memprihatinkan saya menaruh harapan besar kepada saudara yang telah secara sukarela menyatu dalam Korps Sukarela (KSR).

Sosok KSR selalu menunjukkan indikasi penguatan ikatan sosial, meningkatnya rasa peduli dan memegang nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. untuk itu jadilah pioner dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.



Perjalanan kependudukan tidak lepas dengan masalah, tiap tahun selalu terjadi kenaikan hal ini akan terjadi kalau terlahir generasi abai, sikap abai seperti ini akan menambah jumlah masyarakat yang menjadi beban pemerintah dan mimpi bonus demografi akan sirna. 

Relawan adalah bentuk pengabdian keikhlasan demi kemanusiaan, kita tidak berharap dalam kesusahan tetapi bisa saja Allah SWT menentukan lain tidak ada diantara kita yang berharap terjadi bencana tetapi kalau Allah sudah mentakdirkan maka kita tidak bisa mengelak, dalam kondisi bencana seperti itu menuntut kehadiran relawan yang mampu menangani dengan baik".Tutur Imam.



Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan secara simbolis oleh ketua PMI Jatim bersama Walikota Surabaya kepada Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa At-Tien, Perumahan Graha Suryanata blok G1, No. 21, Kel. Sumberejo Kec. Pakal Surabaya.

Acara penutupan ditutup dengan pertunjukan Tari Remo.(bejo)































#PMI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara