Akibat Sungai Bengawan Solo Meluap, Beberapa Kecamatan Di Solo Terendam Banjir

Senkom Rescue Gerak Cepat Evakuasi Dan Distribusikan Bantuan Korban Bencana Banjir

Senkomsidoarjo.or.id | SOLO,  - Sungai Bengawan Solo, Kecamatan Jebres dan Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah, meluap yang berakibat banjir di sejumlah kelurahan di Solo dan sekitarnya. 


Meluapnya air sungai setelah sejumlah wilayah di Kota Solo diguyur hujan lebat pada Jumat (18/1/2022) malam. Sementara intensitas air naik pada Sabtu (19/11/2022) dini hari.

Senkom Rescue Gerak Cepat Evakuasi Dan Distribusikan Bantuan Korban Bencana Banjir

Indragiri Kebid (PB-SAR) penanggulangan bencana dan SAR/search and rescue Senkom Surakarta menyampaikan, Anggota Senkom Rescue langsung kita terjunkan ke lokasi Desa Kaliwingko Rt 4 Rw 1 Grogol Sukoharjo, karena yang terdampak parah dan menjadi langganan banjir di sana. 




"Semua anggota Senkom memantau perkembangan banjir  di sekitarnya dan share ke grup whatsapp, jam 11.00 Sabtu (19/11/2022) anggota merapat ke lokasi Desa Kaliwingko berkoordinasi dan membuatkan nasi bungkus dan di distribusikan ke masyarakat yang terdampak luapan banjir." jelasnya. 




"Puluhan anggota Senkom Rescue berinisiatif membuat posko banjir Alhamdulillah banyak warga yang memberikan bahan makanan mentah, dan berkoordinasi dengan Kecamatan untuk di masakkan." katanya.


Di kutip dari kompas.com, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo Nico Agus Putranto menjelaskan, banjir akibat luapan Bengawan Solo merendam rumah penduduk di empat kelurahan.



Ke-empat kelurahan itu yakni, Kelurahan Jebres, Sewu, dan Pucangsawit di Kecamatan Jebres. Serta Kelurahan Joyontakan di Kecamatan Serengan.


Selain itu, wilayah yang terparah yang terendam banjir, yakni Kampung Kentingan dan Kampung Gulon, Kelurahan Jebres.



"Ketinggian banjir sekitar mata kaki orang dewasa. Sebagian warga memilih berdiam diri di rumahnya masing-masing. Curah hujan memang tinggi tadi malam. Bantuan logistik sudah dikirim secara bergelombang ke lokasi banjir," ujar Nico Agus Putranto, Sabtu (19/11/2022).


Sementara itu, Camat Pasar Kliwon, Ahmad Khoironi menjelaskan ada puluhan rumah penduduk yang tergenang air di RW 010, RW 011, RW 012 dan RW 013 di Kelurahan Sangkrah.


Sedangkan, beberapa rumah penduduk di bantaran sungai di wilayah Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon.


"Kami masih berkoordinasi dengan BPBD Solo dan kelurahan untuk penyaluran logistik bantuan. Tapi siang ini sudah mulai surut," jelas Ahmad Khoiron, Sabtu (19/11/2022). (ghoni/bejo)

































#senkomrescue #senkomsolo #senkom #senkommitrapolri 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara