Penandatanganan Pakta Integritas dan Deklarasi Netralitas ASN, TNI dan Polri Dalam Pemilu Tahun 2024

Grand Launching dan Konsolidasi Internal Sentra GAKKUMDU Kabupaten Sidoarjo Dalam Rangka Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024, Selasa 13/12/202


Senkomsidoarjo.or.id | SIDOARJO - Bertempat di Fave Hotel Sidoarjo Jl. Jenggolo No.15, Pucang, Sidoarjo, telah dilaksanakan kegiatan Grand Launching dan konsolidasi internal sentra penegakkan hukum tepadu(Gakkumdu) Sidoarjo yang diikuti sekitar 200 orang, Selasa 13/12/2022.


Acara dihadiri langsung oleh Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo diwakili Kasat intelkam Polresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo diwakili Kasdim, Kepala kejaksaan Negeri Sidoarjo, Ketua Bawaslu Sidoarjo, Ka.UPD Kab. Sidoarjo, Camat Se Kab.Sidoarjo, Koramil se Kab.Sidoarjo, Kanit Intel dan Kanit Reskrim Polsek jajaran Kab.Sidoarjo, Forwas, PWI, Panwas se Kab.Sidoarjo.

Acara diawali dengan Pementasan tari Banjar kemuning. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari  Kordiv. Hukum dan PS ( Jamil,SH.,MH.).


Dalam sambutannya beliau mengucapkan syukur "Kita dapat berkumpul di Grend launching dan konsolidasi internal sentra penegakan hukum tepadu (Gakkumdu) Sidoarjo di Fave Hotel.

Adanya mekanisme perundang -  undangan pemilu di jalankan yang tertuang dalam pasal 117 dan juga ada produk-produk dari KPU dan Panwaslu yang mempunyai sistem terbuka dalam pemilu di Indonesia.

Pemilu yang paling terbuka di dunia dan paling lengkap atau komplek pelanggaran pidananya yaitu di Indonesia, akan tetapi pemilu tersebut hukum ditegakan oleh Bawaslu yang didukung oleh kepolisian dan kejaksaan.

Pelanggaran ASN dan proses sengketa pemilu untuk penegakan sudah sangat lengkap sesuai undang-undang dan adanya lembaga-lembaga yang menyelesaikan sesuai undang-undang yang sudah ada.

Gakkum sudah di launching dan Gakkum sudah siap menangani sengketa pemilu dan pidana dalam pemilu dan saya yakin kalau budaya hukum kita sudah terbentuk maka kecurangan dan sengketa pemilu pasti sedikit.

Kemudian acara dilanjutkan dengan  sambutan dari Ketua Bawaslu Kabupaten Sidoarjo (Haidar munjid).

Dalam sambutannya Haidar menerangkan bahwa pada tanggal 1 Desember 2022 di Provinsi Jatim melaksanakan Launching dan sekarang di Kabupaten Sidoarjo melaksnakan launching dan juga saling kenal antara panwas dengan anggota Polsek, sebab mereka adalah garda terdepan penegakan hukum dalam pemilu dan ada 730 sengketa pemilu, Bawaslu memproses pelanggaran pemilu sampai ke pengadilan.

Kami sebagai ketua dan staf Bawaslu berterima kasih kepada Forkopimda dan UPD se Kabupaten Sidoarjo sudah hadir dalam rangka launching Gakkumdu di Kabupaten Sidoarjo". Terang Haidar.

Kemudian sambutan berikutnya dari Bupati Sidoarjo (H. Ahmad Mudhlor Ali, S.ip). Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa pemilu itu adalah harus dilewati sebab untuk mencetak pemimpin negara yang baru dan baik.

Bahwa Tahun 2024 kita dihadpkan pemilu serentak maka dari itu kita akan di uji secara adernalin serta pengalaman & pemilu secara serentak  harapan kami Gakkumdu sebagai pioneritas untuk memperkecil pelanggaran pemilu". Terang Mudhlor.

Sambutan berikutnya dari Kordiv. PP dan Datin Bawaslu Sidoarjo ( Agung Nugraha,SH.) 

Dalam sambutannya Agung menjelaskan bahwa Sidoarjo secara faktual melaksanakan pemilihan secara langsung dan Sidoarjo mempunyai 1 pelanggaran administrasi dan saya harapkan kepada ASN dan perangkat Desa untuk bersikap netral dan tidak menyebarkan ujaran kebencian serta sesuai undangan-undang pemilu secara restoratif dan pastisipatif dan di negara kita sudah ditetapkan sistem gotong royong dan adanya dialek kemusyawaratan.

Saya harapkan untuk pemilu Tahun 2024 yang akan datang, kita gunakan kearifan lokal dengan sistem gotong royong sesuai dengan dasar negara kita.

Gakkumdu hadir untk memberi penegakan dan pencegahan terjadinya sengketa dan tindak pidana pemilu". Sambut Agung.



Setelah sambutan-sambutan selesai, selanjutnya pernyataan komitmen dan harapan serta penandatangan fakta integritas dan deklarasi netralitas ASN, TNI dan POLRI dalam pemilu Tahun 2024 dan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada Forkopimda Sidoarjo. (agusc)






























Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue | Bela Negara

Senkom Mitra Polri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara