Kesiapan Senkom Sidoarjo Hadapi Bencana Dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana


Senkomsidoarjo.or.id | Sidoarjo - Guna mengantisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Mako Polresta Sidoarjo, Senin 4/12/2023. 

Acara ini dipimpin oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, dan dihadiri oleh personel gabungan yang disiapkan untuk menghadapi potensi bencana hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Personel gabungan ini melibatkan unsur dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas, Damkar, Senkom Rescue, Senkom Mitra Polri, relawan, dan stakeholder terkait lainnya.


Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo, H. Agus Mintono, S.Mb., beserta Wakil Sekretaris Senkom Sidoarjo, Yusuf Maryono, turut hadir dalam apel tersebut bersama pengurus harian lainnya.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, dalam sambutannya menekankan pentingnya mensinergikan kesiapan dalam penanganan bencana, termasuk pola penanganan, kesiapan personel, sarana, dan prasarana. Ia menjelaskan bahwa apel ini merupakan langkah konsolidasi, koordinasi, dan pengecekan langsung terhadap kesiapan yang telah disiapkan oleh TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Damkar, dan stakeholder terkait lainnya. Hal ini terkait dengan proyeksi BMKG yang memperkirakan masuknya musim hujan dengan intensitas curah hujan yang meningkat pada bulan Desember 2023, mencapai puncaknya pada Februari 2024.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, menyatakan kesiapan Polresta Sidoarjo dan jajaran, bersama TNI dan stakeholder terkait lainnya, dalam melakukan upaya pencegahan risiko terjadinya bencana alam, hingga proses penanganan dan evakuasi. Ia menegaskan pentingnya pendekatan dan edukasi kepada masyarakat tentang kemungkinan terjadinya bencana dan upaya antisipasi, seperti menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan, dan merawat alam sekitar.


Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo, H. Agus Mintono, S.Mb., menyampaikan komitmen untuk melanjutkan program kerja organisasi pada tiga klaster pengabdian, yaitu Kamtibmas, Kebencanaan, dan bela negara. Ia menekankan bahwa ketiga bidang tersebut menjadi fokus utama dalam mendukung TNI dan POLRI dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

Wakil Sekretaris Senkom Mitra Polri Sidoarjo, Yusuf Maryono, menambahkan bahwa Organisasi Senkom Mitra Polri terus mengalami perkembangan positif dalam kinerja dan perannya di masyarakat. Salah satu peran utama adalah dalam penanganan kebencanaan melalui klaster Rescue atau Senkom Rescue, yang bertugas mulai dari mitigasi, evakuasi, hingga rehabilitasi dalam keadaan bencana.


Sejarah mencatat bahwa Senkom Rescue terbentuk satu tahun setelah didirikannya Senkom pada 1 Januari 2005. Keaktifan Senkom dalam penanggulangan berbagai bencana, seperti gempa, banjir, gunung meletus, serta kecelakaan transportasi, baik darat, laut, maupun udara, telah meraih penghargaan dari BNPB, termasuk penghargaan terkait kegiatan taktis seperti penemuan lokasi pesawat jatuh beberapa waktu lalu.

“Pada dasarnya, kami hanyalah organisasi yang menghimpun potensi masyarakat yang peduli terhadap kemanusiaan. Oleh karena itu, kami merekrut mereka sebagai relawan,” tegas Yusuf.(ojeb)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara