Launching Sentra GAKKUMDU Kota Malang dan Sosialisasi Ketentuan Pidana Pemilu


Senkomsidoarjo.or.id | Malang - Bertempat di ruangan De Tjakra Hotel Shalimar Jl. Buring Kec. Klojen Kota Malang telah dilaksanakan kegiatan Launching Sentra Gakkumdu Kota Malang dan Sosialisasi Ketentuan Pidana Pemilu yang di hadiri sekitar 80 orang, Rabu 30/11/2022



Hadir dalam sosialisasi, Kapolresta Malang (Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K.,M.Si), Ketua DPRD Kota Malang (I Made Rian Diana Kartika, SE), Kajari Kota Malang (Edy Winarko), Ketua KPU Kota Malang (Ibu Aminah Asminingtyas), Ketua Bawaslu Kota Malang (Ali Mustofa, S.Sos), Sekda Kota Malang (Ir. Erik Setyo Santoso, MT), Ketua dan Sekretaris Fraksi-fraksi Partai Kota Malang, Sekretaris KPU Kota Malang (Dedy Tri Wahyudi Suryo Putro, S.T.P), Ketua Dan Anggota Panitia Pengawas Kecamatan Se-Kota Malang.

Acara diawali dengan laporan panitia Kordinator sekretariat bawaslu kota malang.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, maksud dan tujuan sebagai no 31 tentang Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu, semoga kegiatan pada siang hari ini dapat berjalan dengan lancar, kemudian kami ucapkan terimakasih kepada para penyelenggara acara yang sudah menyiapkan acara ini sebagai mana mestinya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua DPRD Kota Malang (I Made Rian Diana Kartika, SE), dalam sambutannya beliau menuturkan bahwa di acara launching sentra gakkumdu Kota Malang dan sosialisasi ketentuan pidana pemilu, dengan kegiatan seperti ini saya harapkan Kota Malang menjadi Kota yang tertib artinya seluruh tahapan sudah kita lakukan, rancangan dapil juga sudah kita laksanakan pada waktu yang lalu.

18 partai politik yang lolos akan bersaing untuk memperebutkan 5 kursi pada puncak pemilu yang akan datang, ini sebagai masukan agar nantinya dapat bersaing dengan sportif.

Gakkumdu nanti mungkin akan lebih bekerja keras dalam pemilu yang akan datang, saya harapkan kerja keras dan kerja cerdas dapat menjadi cerminan dalam melaksanakan tugasnya, ayo sama-sama kuncinya cuma satu. Pemerintah sudah hadir baik ke penyelenggara maupun peserta". Pungkas Rian.

Tujuannya adalah bagaimana kualitas partai politik yang mana menghasilkan calon pemimpin yang memang sudah dipersiapkan dan mumpuni dalam segala bidang, tetap ikuti aturan karena saya yakin kalau kita mengikuti semua aturan maka akan memudahkan semua tugas kita semua.

Indonesia adalah negara hukum, inilah yang ingin saya tekankan, anggaran tidak sedikit sehingga kita ingin apa yang kita inginkan dapat tercapai dengan baik untuk kesejahteraan kita semua, sekali lagi saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih atas terselenggaranya acara ini.

Selanjutnya sambutan dari Sekda Kota Malang (Ir. Erik Setyo Santoso, MT), yang menjelaskan bahwa proses ini ada banyak hal yang dilakukan antara pemerintah daerah dengan bawaslu terkait dengan pemilu yang akan datang dimana banyak hal yang harus kita persiapkan dengan baik, semoga suasana kondusif menjadikan hasil yang baik dalam berjuang bersama untuk memberikan layanan publik.

Terkait dengan ketentuan pidana pemilu tentunya seperti kita ketahui dengan satu frekuensi akan memberikan dampak yang baik bagi kita semua". Jelas Erik.

Dikesempatan yang sama Kajari Kota Malang (Edy Winarko) dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa sebagai gakkumdu kami mohon jangan sampai ada pelanggaran atau tindak pidana, tolong diterapkan dengan baik supaya penegakkan hukum di kota malang minim sekali, karena keberhasilan suatu pemilihan umum menjadi syarat kondusifitas suatu kota" Jelas Edy.

Kemudian Sambutan Ketua Bawaslu Kota Malang (Ali Mustofa, S.Sos) mengatakan, "yang saya hormati kepada seluruh tamu dan undangan yang telah hadir pada siang hari ini dalam acara launching sentra gakkumdu kota malang dan sosialisasi ketentuan pidana pemilu, kami ingin membangun kerekatan diantara kita semua sebagai pihak-pihak dalam pelaksanaan pemilu ke depan.

Kami sudah banyak dibantu oleh pemerintah kota malang, saya ucapkan banyak terimakasih karena telah dibantu dalam banyak hal, dengan terselenggaranya acara ini dapat menunjukkan bahwa kota malang menjadi kota yang kondusif, kompak dan sevisi bagaimana mengawal kota malang dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024.

Semoga dan harapan kami semua dalam pelaksanaan pemilu ke depan tidak ada pelanggaran dan tindak pidana pemilu, harapannya ke depan kami bisa sosialisasi di jajaran TNI- Polri, seperti apa yang sudah kami lakukan di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Kota malang sudah sangat siap jika memang nanti ada pelanggaran tindak pidana pemilu karena gakkumdu sendiri sudah berkolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya dari kejaksaan dan juga pihak kepolisian.

Sosialisasi aturan-aturan ke partai, kita akan mengunjungi ke kantor untuk sosialisasi terkait aturan-aturan yang nantinya menjadi dasar dalam pelaksanaan pemilu ke depan baik bagi peserta, penyelenggara dan masyarakat umum, semoga pemilu di kota Malang dapat terlaksana dengan baik, kita harus mengawal pemilu dengan sungguh-sungguh, Kami juga ingin sampaikan kepada pihak media untuk mendukung terbitnya berita-berita terkait pemilu yang real dan bukan hoax atau mengada-ada".ungkap Ali.

Diakhir acara dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas.(agusc)























































Senkom Mitra Polri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara