Ketua Senkom Sidoarjo Tekankan Akuntabilitas di Setiap Personel Anggotanya


Senkomsidoarjo.or.id | SIDOARJO - Akuntabilitas, merupakan bentuk kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik. 

Istilah lainnya akuntabel, yaitu sebuah istilah yang sering kita dengar dalam konteks pengelolaan suatu lembaga, organisasi, pemerintahan, atau perusahaan. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan transparansi kinerja pengurus atau perwakilan dalam mempertanggung jawabkan pekerjaannya kepada para pemangku kepentingan.
Dalam mengelola bermacam-macam tugas dalam organisasi, akuntabilitas adalah hal yang penting karena jika seorang pimpinan bersikap akuntabel, maka akan meminimalisir penyalahgunaan wewenang dan mempermudah mekanisme pengawasan.



Menyikapi hal tersebut, Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo mengadakan pembinaan dan pembekalan seluruh anggota secara rutin setiap bulannya dengan tujuan utama menuju Senkom PRIMA (Profesional Responsif Inovatif Modern Akuntabel)

Wakil Sekretaris Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo Samiran Salefi saat memberikan sambutan selaku pembawa acara.



Kali ini kegiatan rutinitas ini diadakan di Halaman Pondok Al Huda Dusun Tundungan Desa Sidomojo Kecamatan Krian, dan dihadiri seluruh anggota Senkom Mitra Polri se Kabupaten Sidoarjo.(25/12/22)

Baca juga 👇


Hadir juga para Pembina Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo, para Pelatih dari unsur TNI maupun Polri, Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo H.Agus Mintono, S.Mb., dan jajaran Pengda Senkom Kabupaten Sidoarjo.

Seperti biasa kegiatan diawali dengan apel pagi dan dilanjutkan dengan pelatihan baris berbaris (PBB) oleh para Pelatih dari unsur TNI Polri.

Setelah anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo mendapatkan materi baris berbaris, dilanjutkan dengan pembinaan rohani yang disampaikan oleh salahsatu Ustadz pengasuh Pondok Al Huda.

Selanjutnya dilanjutkan sambutan dan arahan dari Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo H.Agus Mintono, S.Mb.,

Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo H.Agus Mintono, S.Mb., Saat Memberikan Materi KAMTIBMAS


Dalam sambutannya beliau menuturkan tentang empat TUPOKSI Senkom Mitra Polri (Tugas Pokok dan Fungsi) yaitu : 

1.Bisa berkomunikasi dengan baik dan sinergi dengan intansi pemerintah, aparat maupun tokoh-tokoh agama / masyarakat. 

2.Aktif mendapat update info kamtibmas baik lokal, maupun Nasional.

3.Memberi rasa aman untuk masyarakat, tokoh masyarakat, termasuk kegiatan dalam keluarga besar Senkom Mitra Polri. 

4.Bisa membantu Polri dalam Kamtibmas dan membantu masyarakat.         

Beliau juga menekankan pentingnya akuntabilitas dalam sebuah organisasi, khusunya para pengurus baik ditingkat Kecamatan, Korwil maupun Kabupaten.

Karena ini merupakan bentuk kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan tujuan organisasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik. 

Beliau juga memberikan himbauan KAMTIBMAS yaitu "Di instruksikan agar masyarakat maupun keluarga besar Senkom Mitra Polri waspada dengan yang namanya Pinjol.

Anggota dan seluruh keluarga besar Senkom Mitra Polri dilarang menggunakan jasa Pinjaman Online (Pinjol)
 
WASPADA!!!




Aplikasi Pinjol akan mencuri data pribadi, termasuk nomor kontak
Teman, keluarga, atasan semua dapat menjadi korban penagihan secara kasar.
Data pribadi berupa KTP dan Kartu Keluarga juga agar dijaga dengan baik.
Ada beberapa kasus, data pribadi dicuri dan digunakan untuk pengajuan pinjol oleh orang lain.

Apabila keluarga besar Senkom ada yang terjerat pinjol, maka segera melapor kepada Pembina Senkom di daerah setempat.

Selanjutnya penyampaian materi pelatihan Medical First Responder (MFR) oleh Pelatih Bapak Mundayat.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa "Kebencanaan adalah salah satu dari 3 kluster tugas pokok dan fungsi Senkom Mitra Polri dengan motto Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan. Maka perlu ditingkatkan kapasitas kemampuannya, untuk nantinya sama- sama mengabdi untuk masyarakat. 

Hal penting yang ditanamkan pada seluruh anggota, agar anggota Senkom Mitra Polri tertanam karakter enam thabiat luhur Senkom, yakni, Rukun, Kompak, Kerjasama yang baik, Jujur, Amanah dan Efektif dan Efisien. Serta melaksanakan tugasnya dengan 3K, yaitu Kemauan yang kuat, Kompetensi atau skill, dan Kejujuran atau integritas. 

Bapak Mundayat memberikan pengetahuan tentang anatomi tubuh, Penilaian dan Pemeriksaan Fisik, Teknik Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support and First Aid Training) dan Resusitasi Jantung Paru-Paru (RJP) hingga Pengecekan TTV dan Medical Report. 

'Kesiapsiagaan itu penting, agar nanti kita tidak panik dan siap dalam segala hal menghadapi persoalan dalam menangani korban kebencanaan,"terang Beliau.

“Dengan pelatihan ini setidaknya mereka, tidak kebingungan, apa yang harus dihadapi di lokasi bencana, dan siap menjadi garda terdepan dan profesional” pungkasnya.


Semoga semua anggota Senkom bisa melaksanakan apa yang sudah menjadi arahan dari PP Senkom Mitra Polri untuk menuju Organisasi yang PRIMA. (agusc)

 [SALAH] Video Salju Turun di Masjidil Haram








































Senkom Mitra Polri | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue | Bela Negara | Senkom | Senkom Sidoarjo | Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan |

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara