Jokowi Resmikan Bendungan Kering Pertama di Indonesia

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo Resmikan Bendungan Kering Pertama di Indonesia, Jum'at 23/12/2022


Senkomsidoarjo.or.id | BOGOR - Presiden RI Ir. H. Joko Widodo hari ini melaksanakan kunjungan kerja ke Pasar Cigombong Kecamatan Cigombong dan Bendungan Ciawi Kecamatan Megamendung serta Bendungan Sukamahi Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, dalam rangka pemberian bantuan langsung tunai dan peresmian Bendungan yang dihadiri sekitar 200 orang, Jum'at 23/12/2022.

Acara dihadiri dari beberapa pejabat, diantaranya, Menteri PUPR Dr. (H.C.) Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., Marsekal (Purn) TNI Hadi Tjahjanto (Menteri Agraria dan Tata Ruang), Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, ST., MUD (Gubernur Jawa Barat), Budi Hartono PJ Gubernur DKI Jakarta, Drs.Iwan Setiawan (Plt. Bupati Bogor), Airlangga Marjono (Direktur Bendungan dan Danau, Kementerian PUPR), Sugeng Rochadi (Direktur Utama PT Brantas Abipraya), Djarot Widyoko (Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR), Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo (Pangdam III/SLW), Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si (Kapolda Jabar), Brigjen TNI Rudy Kabinda Jabar, Brigjen TNI Rudy Saladin (Danrem 061/SK), Kolonel Inf Ary Prasetya, SE.M.Han (Asintel Kasdam III/Siliwangi), Kolonel Inf Patar Mospa Natanael Sitorus (Asops Kasdam III/Siliwangi), Kolonel Cpm Sigit Himawan Sutanto, S.SH M.M.P.A (Danpomdam III/Siliwangi), Kolonel Czi Rielman Yudha (Kazidam III/Siliwangi), Kolonel Ckm dr. Agus Ridho Utama, Sp.THT, M.A.R.S (Kakesdam III/Siliwangi), Letkol Inf Ade Hansen (Kapendam III/Siliwangi),Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho S.H (Dandeninteldam III/Siliwangi), Jajaran Kabalak dan Kasi Korem 061/SK,Letkol Kav Gan Gan Rusgandara (Dandim 0621/Kab.Bogor), Letkol Cpm Anggun ( Dansubdenpom Bogor), AKBP Iman Imanudin (Kapolres Bogor) dan Letkol Czi Ryan (Danyon Zipur 3).

Setibanya di Pasar Cigombong Kabupaten Bogor, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo disambut oleh Forkopimda Jabar dan Forkopimda Kabupaten Bogor.

Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada Para Pedagang Pasar dan Penyerahan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada Para Pedagang Kaki Lima oleh Presiden RI.

Selesai memberikan bantuan, Presiden meninggalkan Pasar Cigombong menuju Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor. 

Setibanya di Bendungan Ciawi, Presiden memberikan sambutan dan pernyataan, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti sebagai tanda Peresmian Bendungan Ciawi oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, yang didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gubernur Jawa Barat, PJ Gubernur DKI Jakarta dan Plt. Bupati Bogor.

Setelah selesai peresmian, Presiden RI langsung menuju Bendungan Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Dalam kunjungan ini Presiden didampingi Menteri PUPR, Gubernur jabar dan Direktur Jenderal Sumber Daya Air.

Acara dibuka dengan sambutan langsung dari Presiden RI dan dilanjutkan dengan pemutaran roda pintu air dan penandatanganan Prasasti sebagai tanda Peresmian Bendungan Sukamahi dan Fasilitas Kawasan Wisata.

Pada Saat Pemutaran Roda Pintu Air dan Penandatanganan Prasasti, Presiden RI didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gubernur Jawa Barat, PJ Gubernur DKI Jakarta dan Plt. Bupati Bogor.

Dalam konferensi pers, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo memberikan pernyataan bahwa "Dampak Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi sangat membantu mencegah banjir kiriman di Jakarta.

Kalau normalisasi 13 sungai di Jakarta dilaksanakan akan normal.

Kemudian tentang air laut yang masuk di darat, sementara tanggul laut sudah di kerjakan.

Baik Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi bisa menjadi tempat wisata untuk warga bogor". Jelas Jokowi.

Kegiatan Kunjungan Kerja Presiden RI Ir.H.Joko Widodo di wilayah Kabupaten Bogor ini dalam rangka Pemberian Bantuan Langsung Tunai dan Peresmian Bendungan.

Adanya Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi difungsikan menjadi daerah penampungan air saat hujan deras dari Puncak Bogor dan sekitarnya yang diharapkan bisa mengurangi dan mencegah banjir kiriman yang terjadi di daerah Ibukota Jakarta.

Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi merupakan bendungan kering pertama yang dibangun di Indonesia. (agusc)



























Senkom Mitra Polri adalah kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan disekitarnya atau di mana saja berada serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing sebagai wujud Bela Negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.


Senkom Mitra Polri | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue | Bela Negara | Senkom | Senkom Sidoarjo | Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan |

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara