Senkom Mitra Polri Hadiri Rakor Bersama Forkopimka Balongbendo, Ada Apakah ?


Senkomsidoarjo.or.id | SIDOARJO - Bertempat di Pendopo Kecamatan Balongbendo telah digelar silaturahmi dan rapat koordinasi menjelang Bulan Suci Ramadhan yang di selenggarakan oleh Forkopimka Balongbendo pada Jum'at malam, 17 Maret 2023.

Acara dihadiri langsung oleh Wakil Ketua DPRD Sidoarjo H Kayan, Anggota DPRD Sidoarjo H Pujiono, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, dan Ketua MUI Balongbendo serta berbagai Ormas, diantaranya dari Senkom Mitra Polri Kecamatan Balongbendo yang diwakili Sekretaris Senkom Kecamatan Balongbendo Kusdiyanto serta dari seluruh Perguruan Silat di Balongbendo.

Acara dibuka langsung oleh Camat Balongbendo Achmad Farkan Jazuli.
Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar semua pihak meningkatkan Kamtibmas untuk menjaga kondusifitas wilayah Balongbendo utamanya saat bulan Ramadhan nanti.

“Kami sadar tidak mampu mewujudkan wilayah Balongbendo yang kondusif tanpa dukungan dari semua warga,”ungkapnya.

Menurut Farkan, rakor ini dilaksanakan guna memaksimalkan peran semua Ormas bersama dengan anggotanya untuk membantu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman saat bulan puasa.

“Sehingga umat Islam bisa dengan khusyuk menjalankan ibadah puasanya,”ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo H Kayan dalam sambutannya mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah Forkopimka yang berupaya untuk menciptakan wilayah Balongbendo yang kondusif saat menjelang bulan suci  Ramadhan nanti.


“Upaya yang maksimal dan tepat untuk menjadikan wilayah kondusif dengan melibatkan semua stakeholder, ormas dan perguruan silat,”ungkapnya.

Dijelaskan Wakil Ketua DPRD Sidoarjo, ada beberapa hal yang harus dikoordinasikan dengan Forkopimka berkaitan dengan kekondusifan wilayah saat bulan Ramadhan nanti, seperti penertiban warung makan, Miras, termasuk kenakalan remaja seperti tawuran, balap liar dan lain-lain.

“Yang utama adalah saling menghargai, seperti warung makan bisa tetap buka tapi ditutup dengan kain, karena ada saudara non muslim yang mungkin biasa makan di warung, dan itu harus dihormati,”ujarnya.

Termasuk menciptakan kekondusifan wilayah juga menjadi peran dari orang tua, sekolah termasuk para Ormas yang hadir.

“Seperti berita tentang kelompok pemuda dengan senjata tajam yang beberapa waktu sempat viral, hal tersebut tidak akan terjadi kalau semuanya berperan dan ikut memberikan pemahaman kepada para pemuda untuk selalu menjaga ketertiban,”ujarnya.

Dikesempatan yang sama Kapolsek Balongbendo Kompol Hasim As’ari memberikan himbauannya bahwa untuk mewujudkan wilayah yang kondusif harus menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Dan harus didasari dengan kesadaran tinggi untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan. Dalam Bulan Ramadhan Pihaknya bersama dengan Forkopimka akan menambah  intensitas untuk melakukan patroli agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasanya.

“Khususnya untuk perguruan silat, hendaknya selalu menjaga diri dan menjaga nama besar perguruannya, hindari perbuatan yang melanggar hukum,”tegasnya.

Ditambahkan Danramil Balongbendo Kapten Inf Hendro Sugiono, bulan Ramadhan harus dijadikan sebagai waktu untuk berbuat amal kebajikan. Dirinya meminta kepada semua masyarakat untuk menjaga Balongbendo tetap aman dan kondusif.

“Pihak Forkopimka Balongbendo akan siap memfasilitasi perguruan silat untuk melakukan pembinaan agar Balongbendo tetap damai, aman dan nyaman,”jelasnya.

Ditempat berbeda Ketua Kecamatan Senkom Balongbendo Syarif Hermanto menyampaikan bahwa Senkom Balongbendo sesuai tupoksi Senkom yang terbagi dalam 3 klaster, diantaranya dibidang kamtibmas yang selalu bekerjasama dan membantu Kepolisian  dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif di masyarakat, beliau sudah menginstruksikan anggotanya yang tersebar di Kecamatan Balongbendo, mendekati Bulan Ramadhan ini, agar seluruh anggota Senkom dan Keluarga besar anggota Senkom serta masyarakat meningkatkan kewaspadaannya.

"Karena menjelang Ramadhan kejahatan biasanya meningkat, kita jangan sampai lengah, jika perlu semua fasilitas umum mulai tempat ibadah, kantor, dipasang CCTV serta kendaraaan yang diparkir diberi kunci ganda". Jelas Syarif.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait terkait persiapan jelang Ramadhan dan beberapa kejadian yang melibatkan perguruan silat serta kenakalan remaja.(gus cahyo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara