Capacity Building Senkom Mitra Polri Karanganyar: Membangun Ekosistem, Lingkungan, dan Kualitas SDM untuk Senkom PRIMA


Senkomsidoarjo.or.id | Karanganyar - Pengurus Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar menggelar Capacity Building yang diikuti oleh seluruh pengurus Kabupaten, pembina, dan koordinator 17 Kecamatan di Karanganyar. Acara tersebut terselenggara di Kayon Lawu Room and Resto, Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Ketua Senkom Jawa Tengah, Guntur Ivanto, ST MT, memberikan keterangan kepada media mengenai arahan Capacity Building bagi pengurus Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar. Terdapat tiga program keberlanjutan yang dijalankan.


"Program-program tersebut meliputi menjaga ekosistem yang baik dengan memperhatikan lingkungan, penggunaan energi yang efisien dan hemat. Selain itu, menjaga lingkungan dengan penanaman tanaman untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran. Terakhir, kami berkomitmen untuk menjalankan Senkom Inklusif yang memberikan dampak sosial positif dan tidak eksklusif," jelasnya.

"Artinya, di dalam lingkungan yang beragam ini, kami harus bisa menyesuaikan diri dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan menjaga keamanan dan kondusifitas, semua kegiatan dapat berjalan tanpa kendala," tambahnya.

Lebih lanjut, Guntur menekankan pentingnya tata kelola yang baik. Ia berharap dapat menghasilkan kader-kader generasi penerus yang mampu melanjutkan kepemimpinan di masa mendatang, dengan memegang teguh 6 karakter mulia, yaitu rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, serta hemat dan efisien.


Zainul Muttaqin, SAP, Wakil Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar dan ketua panitia dalam sambutannya, menjelaskan bahwa kegiatan Capacity Building telah menjadi agenda kerja tahun 2023 bagi Senkom. Ia mengutip ungkapan Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16, "Seandainya aku disuruh memotong pohon selama 6 jam, 4 jam pertama akan saya gunakan untuk mengasah golok."

"Dalam intinya, kuantitas harus diiringi dengan kualitas. Peningkatan kapasitas anggota Senkom menjadi hal yang wajib, dengan tema Senkom PRIMA di segala bidang," tambahnya.

Acara Capacity Building atau pengembangan kapasitas pengurus Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar dilaksanakan selama dua hari, pada Sabtu dan Minggu, 24 dan 25 Juni 2023. Selain sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dan keeratan antara pembina, pengurus, dan anggota Senkom. (ghoni/bejo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara