Respons Cepat Senkom Rescuer Sragen dan BPBD Evakuasi Korban Tragedi Laka Air di Waduk Kembangan


Senkomsidoarjo.or.id | Sragen - Sebuah insiden laka air di Waduk Kembangan, Mojorejo, Karangmalang, Sragen, telah mendapat respons cepat dari sejumlah personil Senkom Rescuer Sragen, BPBD, dan relawan. Kejadian tersebut terjadi pada Jumat, 16 Juni 2023.

Dalam penyelidikan di Tempat Kejadian Perkara (TKP), beberapa saksi melaporkan kronologi kejadian laka air di Waduk Kembangan, Mojorejo, Karangmalang, Sragen, pada pagi hari tersebut.

Candra, 23 tahun, warga Gumeng RT 05/05, Gumeng, Jenawi, Karanganyar, memberikan keterangan bahwa korban yang tenggelam bernama Eko Sularno, berusia 23 tahun, warga Desa Salam RT 3/4, Jati, Jenawi, Karanganyar.



"Kami berdua, saya Gunawan, 25 tahun, dan Eko Sularno, 23 tahun, berangkat dari Rumah PKL pukul 02.00 menuju Sragen untuk mengunjungi teman dagangnya di pasar Bunder. Pukul 04.30, kami pulang dan mampir sebentar di waduk sekitar pukul 05.30," ujar Candra.

"Lalu kami menuju pintu air waduk, di mana korban, Eko Sularno, tidak sengaja menjatuhkan ponselnya ke dalam air saat tangannya tersenggol. Dalam upaya refleks, korban berusaha mengambil ponsel yang jatuh ke dalam air waduk," tambahnya.

Gunawan, 25 tahun, warga Desa Gumeng RT 2, Gumeng, Jenawi, Karanganyar, menyebutkan bahwa Eko Sularno tidak bisa berenang, dan mereka berdua pun kebingungan. Mereka meminta bantuan warga sekitar.

R. Triyono Putro, SH, M.Si, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sragen, menjelaskan upaya penanganan awal yang dilakukan oleh Pusat Informasi dan Koordinasi Operasional (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sragen. Mereka menerima informasi melalui telepon dan segera menginformasikan kepada tim TRC BPBD Kabupaten Sragen untuk melakukan penilaian cepat (assessment) dan evakuasi.

"Kami menerima laporan laka air pada pukul 05.45 dan segera melakukan koordinasi serta mendatangi TKP pada pukul 06.13 untuk langsung melakukan evakuasi. Alhamdulillah, pada pukul 08.06, korban berhasil ditemukan," katanya.

"Sayangnya, satu orang korban meninggal dunia, yakni Eko Sularno. Jenazah korban telah dibawa ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro untuk dilakukan visum," tambahnya.

Ketua Senkom Mitra Polri Sragen, H. Darmawan Spd, membenarkan keterlibatan Senkom Rescuer dalam evakuasi korban laka air di Waduk Kembangan, Mojorejo, Karangmalang. (Ghoni/agusc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara