Senkom Mitra Polri Jateng Gelar Diklat PB SAR: Membentuk Senkom PRIMA untuk Kesiapsiagaan Bencana


Senkomsidoarjo.or.id | Sukoharjo - Untuk membentuk anggota Senkom yang berkualitas dan prima, profesional, responsif, inovatif, modern, dan akuntabel, Senkom Mitra Polri Jawa Tengah mengadakan Diklat PB SAR yang berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu (24/25), di Ponpes Barokah Nandan, Sukoharjo Kota pada Sabtu, 24 Juni 2023.

 


Acara tersebut dihadiri oleh pembina Senkom Mitra Polri Jateng, KH Agus Rudi ST IAI, Ketua Senkom Jateng tengah, Guntur Invanto ST MT, sekretaris Senkom Jateng, dan perwakilan anggota Senkom Jateng dari 35 Kabupaten Kota dengan total peserta sebanyak 110 orang, sesuai undangan No: SUM-013/PENGPROV-K.SK.MP/V/2023 yang merujuk pada Program Kerja Senkom Jateng tahun 2023.

Dalam sambutannya, Guntur Invanto ST MT, Ketua Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Tengah, menyampaikan bahwa kegiatan diklat ini difokuskan pada ketahanan terhadap bencana di Pondok Pesantren. Hal ini dikarenakan pentingnya menjaga aset-aset di Pondok Pesantren agar terhindar dari kebakaran dan bencana alam lainnya.

"Menuju Senkom yang PRIMA, kita harus benar-benar mampu mengantisipasi kebencanaan dengan cepat menerima informasi, tanggap, dan cekatan dalam berkoordinasi serta tepat dalam mengambil tindakan bersama rekan-rekan," ujarnya.

Guntur berharap setelah mengikuti Diklat ini, peserta benar-benar dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di daerah masing-masing, yaitu Kabupaten/Kota mereka.


Kepala Biro PB SAR, Edi Ermawan, dalam wawancara dengan awak media, menyampaikan bahwa dalam acara hari ini, mereka memberikan pelatihan penanggulangan kebencanaan berbasis pondok pesantren. Tujuan pelatihan ini adalah agar peserta dapat memberikan pendampingan kepada pondok pesantren dalam hal penanggulangan kebencanaan.

Banyak pondok pesantren yang belum memiliki Protap (prosedur tetap) terkait penanggulangan bencana, sehingga ketika terjadi bencana, mereka masih bingung dengan cara penyelamatan yang seharusnya dilakukan di pondok pesantren tersebut.


Peserta diklat ini merupakan perwakilan anggota Senkom Jateng dari 35 Kabupaten Kota, dengan total peserta sebanyak 110 orang. Harapannya, seluruh peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan di lingkungan masing-masing dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

"Diklat ini bertema 'Dalam Rangka Kesiapsiagaan Bencana Menuju Pondok Pesantren Tangguh Bencana', dan harapannya Senkom dapat lebih responsif dan tepat dalam mengambil keputusan dan tindakan," pungkasnya. (ghoni/agusc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara