Senkom Mitra Polri Berperan Aktif Cegah Hoax dan Kejahatan Online



Senkomsidoaarjo.or.id | Karanganyar - LDII PC Jebres bekerja sama dengan Senkom Mitra Polri telah mengadakan kemping CAI di Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasri Delingan Karanganyar selama 4 hari, mulai dari Kamis hingga Minggu, 20 - 23 Juli 2023.

H Abdurahman Anjani Putra, Wakil Ketua Senkom Mitra Polri Jawa Tengah, menyatakan bahwa kegiatan CAI ini merupakan langkah nyata dalam menjaga keamanan. Hal ini sejalan dengan Nota Kesepahaman No. MoU – 07/DPP LDII/IV/2012 dan No. MoU – 05/PP. SENKOM/IV/2012.

"Secara visual, Senkom menjaga keamanan kemping CAI dengan menempatkan 2 personel di setiap pos pada siang hari dan 3 personel pada malam hari. Para anggota Senkom bekerja bergantian, dan total ada 100 personel Senkom yang dilibatkan dalam kegiatan ini," jelas Bang Aan pada Jumat, 21 Juli.

Dalam kesempatan tersebut, Bang Aan juga menyampaikan materi tentang peran Senkom Mitra Polri dalam mencegah penyebaran hoax, kejahatan online, dan disinformasi dengan mempertimbangkan aspek hukum.

"Harapan kami adalah generasi muda yang hadir pada acara ini dapat menyampaikan informasi terkait hoax dengan bijaksana, dengan menerapkan lima langkah sederhana untuk mengidentifikasi berita asli dan hoax:

  1. Berhati-hati terhadap judul provokatif
  2. Teliti alamat situs
  3. Periksa fakta
  4. Verifikasi keaslian foto
  5. Ikut serta dalam grup diskusi anti-hoax," terangnya.


Selanjutnya, Bang Aan menyampaikan bahwa dalam kondisi masa kini, Senkom Mitra Polri juga berperan aktif dalam mencegah kejahatan dunia maya, termasuk penyebaran hoax, penipuan online, pencurian data pribadi (Sniffing), dan disinformasi. Sebagai mitra bagi aparat keamanan seperti Polri dan TNI, Senkom Mitra Polri memiliki peran penting dalam menjalankan tugas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Indonesia. (Ghoni/bejo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara