Semangat Patriotisme: Senkom Mitra Polri Mimika Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda


Senkomsidoarjo.or.id | Timika, 28 Oktober 2023 - Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda digelar dengan khidmat di lapangan apel Mapolres Mimika Mile-32, jalan Agimuga No. 03 Timika Papua pada hari Sabtu (28/10/2023). Personel dari Senkom Mitra Polri Kabupaten Mimika turut menghadiri acara bersejarah ini.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, SH, SIK, MH, selaku Inspektur Upacara. Tampak hadir juga dalam upacara ini personel dari Polres Mimika, Brimob Yon B Mimika, Satpol PP, Senkom Mitra Polri, Pramuka Saka Bhayangkara, dan SMKN 1 Mimika.



Dalam sambutannya, Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, SH, SIK, MH, mengingatkan bahwa meskipun negara Indonesia sedang berjuang mengatasi berbagai permasalahan seperti korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian, dan sejumlah problem nasional lainnya, hal tersebut tidak boleh menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti berkontribusi dalam memajukan Indonesia menuju masyarakat yang adil dan sejahtera.

"Kita perlu bertanya apakah kecerdasan buatan telah dimanfaatkan secara optimal. Mengikuti laju perkembangan dan perubahan ini saja sudah cukup menantang," ujar Kapolres Mimika.

Beliau juga menekankan bahwa penguasaan teknologi, informasi, dan literasi digital oleh generasi muda merupakan hal yang sangat penting dan harus ditekuni. Setiap pemuda perlu memiliki visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berjalan lebih cepat.

"Strategi paling efektif adalah dengan saling membantu antar generasi dan bekerja sama lintas sektor," tambahnya.

Kerja sama ini sejalan dengan amanah Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sejalan dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang koordinasi lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan untuk memastikan implementasi koordinasi lintas sektor berjalan efektif dalam mencapai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

"Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita tetapkan tekad bersama dari semua pihak terkait. Mari kita jadikan momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," pungkas Kapolres saat membacakan sambutan Menpora.

 



Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia."

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Kapolda Papua melalui Kapolres Mimika memberikan piagam penghargaan kepada salah satu anggota Polri yang bertugas di Polres Mimika, yakni Enggar Widiya Bintara berpangkat Briptu, sebagai pengakuan atas prestasi dan dedikasinya dalam melaksanakan tugas operasi Damai Cartenz-2022 tahap II.(muslimin)

Post a Comment

أحدث أقدم
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara