Senkom Tanggap Cepat Bantu Memadamkan Kebakaran Hutan Gunung Lawu


Senkomsidoarjo.or.id | Karanganyar - Setelah dilantiknya pengurus masa bakti 2023-2028 pada hari Senin (2/10), Senkom Rescue Karanganyar segera bergerak untuk berkoordinasi dengan BPBD Karanganyar, TNI, Polri, dan relawan guna membantu memadamkan api di Gunung Lawu.

Pada hari Rabu (4/10/2023), Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengunjungi posko pemadaman api hutan di Gunung Lawu di Candi Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Tujuannya adalah untuk meninjau lokasi posko dan mengevaluasi situasi terkini kebakaran hutan Gunung Lawu. Berdasarkan laporan anggota Senkom, Juliyatmono tiba di kawasan Candi Cetho pada pukul 13.30 WIB.



Terlihat PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dan Bupati Karanganyar bertemu dengan sejumlah orang di lokasi tersebut.

Sebelumnya, opsi penggunaan water bombing dalam penanggulangan kebakaran hutan Gunung Lawu telah dimulai. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melakukan koordinasi terkait hal ini. Bahkan, helikopter water bombing saat ini sudah berada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, dan proses water bombing sudah dimulai secara berkala.

PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menyatakan bahwa penggunaan water bombing dalam pemadaman kebakaran hutan Gunung Lawu sangat penting untuk mencegah meluasnya daerah terdampak. Gunung Lawu termasuk dalam wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.


"Kami sudah melihat bahwa kebakaran telah meluas, dimulai dari Ngawi dan merembet ke Kabupaten Karanganyar," ucap Nana saat kunjungan kerja di Kota Solo, Rabu (4/10/2023).

"Kami terus melakukan koordinasi untuk water bombing, dan hari ini water bombing sudah dimulai di Kabupaten Karanganyar," tambahnya.

"Selain itu, Pemprov Jateng juga tidak menutup kemungkinan untuk menetapkan status tanggap darurat terkait insiden Kebakaran Hutan Gunung Lawu," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar telah mengusulkan penetapan status tanggap darurat terkait Kebakaran Hutan Gunung Lawu.

"Sehingga, Kabupaten Karanganyar sudah menetapkan status, dan dari provinsi sudah ada penetapannya serta telah dilakukan koordinasi awal," ucap Nana.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan SAR Senkom Kabupaten Karanganyar, Sutaryo, menjelaskan bahwa pihaknya telah mendisposisikan 8 personel Senkom Rescue untuk membantu mengantisipasi penyebaran api dalam kebakaran Gunung Lawu.

"Mulai hari Selasa kemarin, Alhamdulillah, anggota kami sudah terploting untuk bergabung bersama BPBD dan relawan lainnya," ujarnya.

"Semoga seluruh peserta operasi SAR pemadaman kebakaran diberi keselamatan, kesehatan, kelancaran, dan keberkahan, serta semoga hujan lebat segera turun untuk memadamkan api karena medan yang terbakar sangat sulit dijangkau," harapannya. (ghoni/ac)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara