Senkom Papua Ikuti Pelatihan Potensi SAR di Ketinggian Selama 6 Hari


Senkomsidoarjo.or.id | JAYAPURA - Dua anggota Senkom Mitra Polri Provinsi Papua mengikuti pelatihan potensi SAR teknik pertolongan di ketinggian (High Angle Rescue techniques) yang diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Jayapura di Aula Balai Pertanian Yahim Sentani, Kabupaten Jayapura, pada hari Senin, 13 November 2023.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi personil, sarana dan prasarana SAR, koordinasi dengan unsur potensi SAR, serta manajemen operasi SAR yang efektif sesuai standar Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, dengan melibatkan TNI-POLRI, instansi pemerintah, Pramuka, dan organisasi masyarakat. Ada 12 instruktur dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura serta satu observer dari Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.


Kegiatan berlangsung selama 6 hari, mulai Senin, 13 November hingga Sabtu, 18 November 2023, dengan tema "Melalui pelatihan SAR teknis pertolongan di ketinggian, kita ciptakan SDM yang berkompeten, terorganisir, dan berkualitas untuk mendukung pelaksanaan operasi SAR yang cepat, tepat, dan aman."

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura, Sunarto, S.IAN, secara resmi membuka kegiatan yang dihadiri oleh 50 peserta. Iwan Gunawan, S.E., selaku ketua Panitia, menyampaikan harapannya agar peserta serius mengikuti materi dan praktek pelatihan.

Ketua Senkom Mitra Polri Provinsi Papua, Kholid, S.Kom, menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor SAR kelas A Jayapura yang telah mengundang Senkom sebagai peserta pelatihan. Kholid menekankan komitmen Senkom dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan kebencanaan, sejalan dengan moto Senkom "Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan."

M. Sunay Bffirian Jaya dan Yusuf Fauzi, sebagai perwakilan peserta dari Senkom Mitra Polri Provinsi Papua, berpartisipasi dalam pelatihan yang melibatkan materi tertulis di Balai Pertanian, simulasi penolongan bencana pada ketinggian di Kantor SAR Jayapura, dan praktik lapangan di Doyo Lama, Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua. (dew/bejo)

Post a Comment

أحدث أقدم
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara