BPBD Karanganyar Bersama TNI, Polri, Senkom dan Sejumlah Relawan Memasang Rambu Rawan Longsor

BPBD Karanganyar Pasang Rambu Rawan Longsor di 15 Titik Kawasan Wisata Menyambut Natal dan Tahun Baru 2024


Senkomsidoarjo.or.id | Karanganyar - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar gencar melakukan langkah preventif dengan memasang rambu rawan longsor di 15 titik strategis yang tersebar di kawasan wisata wilayah Kecamatan Ngargoyoso dan Tawangmangu. Pemasangan ini dilakukan menjelang momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) pada Sabtu (23/12/2023).


Hendro Prayitno, S.H., M.M., selaku Kepala BPBD Karanganyar, menyampaikan bahwa pemasangan rambu rawan longsor melibatkan kerjasama dengan anggota polsek, koramil, dan relawan setempat. Titik-titik pemasangan rambu dipilih berdasarkan pengalaman kejadian bencana sebelumnya dan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan adanya potensi hujan setelah 23 Desember 2023.

"Pemasangan rambu ini bersifat sementara, khusus untuk menghadapi momen Nataru. Rencananya, kami akan memasang rambu rawan bencana secara permanen di titik yang telah dipetakan bersama relawan setempat," ungkap Hendro.


Langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi terhadap lonjakan kunjungan wisatawan ke Ngargoyoso dan Tawangmangu yang diperkirakan meningkat selama libur panjang. Sebanyak 7 titik di wilayah Kecamatan Ngargoyoso, yang merupakan akses menuju kawasan wisata Kemuning-Jenawi, dan 8 titik di Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan mendapatkan pemasangan rambu rawan bencana longsor.



Hendro menjelaskan bahwa pemasangan rambu tersebut bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap titik-titik rawan longsor di akses kawasan wisata. Selain itu, BPBD Karanganyar juga berencana mendistribusikan brosur berisi peta rawan bencana kepada wisatawan di Simpang Empat Gerdu Kecamatan Karangpandan.


Sutaryo, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan SAR Senkom Kabupaten Karanganyar, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya edukasi dan mitigasi terhadap ancaman tanah longsor selama periode Nataru. Dalam kolaborasi dengan TNI, Polri, Realita Tawangmangu, dan relawan di Ngargoyoso, Senkom Kecamatan Ngargoyoso dan Tawangmangu turut serta mendampingi kegiatan pemasangan rambu tersebut.(ghoni)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara