Senkom Sidoarjo Hadiri Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Gedung Negara Grahadi Surabaya


Senkomsidoarjo.or.id | Surabaya - 19/12/2023 Bertempat di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo No. 7, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya menjadi tempat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 dengan tema "Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju", upacara dihadiri sekitar 1500 orang.



Dalam suasana yang penuh khidmat, Inspektur Upacara Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. (Gubernur Jawa Timur) memimpin acara tersebut. Dengan Komandan Upacara, Dr. Agung Subagyo, S.STP., M.Si. (Kepala Bakorwil Bojonegoro) dan Perwira Upacara Letkol CPM Sukadi (Kepala Protokol Kogartap III/Sby) turut bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan upacara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Gubernur Jatim, Wakil Gubernur Jatim, Kapolda Jatim, dan sejumlah perwira tinggi TNI.



Dalam susunan pasukan upacara, terlihat kehadiran beragam elemen masyarakat, termasuk anggota Senkom Mitra Polri (tergabung dalam barisan Bela Negara) yang turut serta. Menariknya, acara ini tidak hanya diwarnai oleh kehadiran tokoh-tokoh penting, melainkan juga dipenuhi oleh perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat seperti Pemuda Pancasila, Banser, Pramuka, Paskibraka, Pelajar, Tagana, HMI, AMPI, IPNU, PMII, FKPII, dan PGRI.

Wakil Sekretaris Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo Yusuf.M Bersama Kepala Bakesbangpol Prov Jatim. Eddy Supriyanto, S.STP.,M.PSDM setelah upacara Hari Bela Negara di Grahadi Surabaya


Pukul 08.15 WIB, penampilan drama kolosal "Sumpah Merdeka Atau Mati" memperkaya suasana upacara. Pasukan upacara memasuki lapangan pada pukul 08.50 WIB, yang diikuti oleh Komandan Upacara. Laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara dilakukan dengan penuh kewibawaan yang diikuti dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya".


Selanjutnya dilakukan pembacaan Ikrar Bela Negara yang dipimpin oleh Inspektur Upacara dan pembacaan amanat Presiden RI tentang pentingnya semangat Bela Negara dalam menghadapi berbagai tantangan, baik fisik maupun non-fisik.

Setelah menyanyikan Mars Bela Negara, dilanjutkan dengan pembacaan doa. Acara kemudian diwarnai oleh Andhika Bhayangkari dan laporan terakhir dari Komandan Upacara.
Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara, diikuti oleh laporan terakhir dari Perwira Upacara. 



Kemudian masuk sesi pemberian penghargaan capaian terbaik aksi terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten/Kota dengan penerima penghargaan antara lain Kabupaten Banyuwangi, Lamongan, Jombang, Magetan, Bojonegoro, dan Kota Probolinggo.



Rangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 selesai pada pukul 09.35 WIB. Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, upacara ini berhasil menyemarakkan semangat cinta tanah air, persatuan, semangat pantang menyerah, kebersamaan, dan gotong royong demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.(Ojeb)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara