Wakapolri Sampaikan Pesan Penting di Depan Senkom Sidoarjo Saat Membuka Rakernas IV Senkom Mitra Polri

Wakapolri, Komisaris Jenderal. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. buka Rakernas Senkom Mitra Polri tahun 2023 di PTIK Mabes Polri Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023

Senkomsidoarjo.or.id | Jakarta, 12 Desember 2023 – Hari ini, Selasa, 12/12/2023, Senkom Mitra Polri mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV dengan megah di auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakapolri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., yang turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Polri dan instansi terkait.

Di tempat berbeda, Ketua Senkom Sidoarjo, Pengurus Harian dan Pembina Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo juga turut serta berpartisipasi mengikuti Rakernas 4 Senkom Mitra Polri di Kantor Sekretariat Senkom Sidoarjo secara daring via zoom meeting dan juga dihadiri jajaran kepolisian dari Polresta Sidoarjo, dan Kapolsek Waru.


Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo H. Agus Mintono, S.Mb., mengatakan bahwa "kegiatan Rakernas ini merupakan acara rutin 5 tahunan sekali, Rakernas, atau Rapat Kerja Nasional, memegang peran penting dalam mengarahkan dan memajukan sebuah organisasi. Dalam forum ini, para pemimpin dan anggota organisasi berkumpul untuk merumuskan visi-misi bersama, mengambil keputusan strategis, dan mengevaluasi kinerja. Selain itu, Rakernas menjadi wadah untuk membahas rencana taktis, mengatasi tantangan bersama, dan memperkuat sinergi serta komunikasi antaranggota. Secara keseluruhan, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas kepemimpinan dan kultur organisasi, tetapi juga menciptakan landasan untuk pertumbuhan berkelanjutan.


Salah satu sorotan utama dalam Rakernas ini adalah penyelenggaraan "Deklarasi Pemilu Damai 2024" oleh Senkom Mitra Polri. Ketua Umum Senkom Mitra Polri, K.P.H. Dr. Katno Hadi Mangunagoro S.E., M.M, menyampaikan bahwa anggota Senkom Mitra Polri diharapkan dapat menjaga netralitasnya dalam menyongsong Pemilu 2024. Tujuannya adalah agar pesta demokrasi tersebut dapat berlangsung dengan jujur, adil, dan damai.

Rakernas IV ini sebenarnya direncanakan akan dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, namun karena panggilan mendadak dari Presiden, pembukaan acara ini akhirnya diwakilkan kepada Wakil Kapolri. Wakapolri Komisaris Jenderal Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., yang mewakili Kapolri yang berhalangan hadir, menyampaikan harapannya agar Senkom Mitra Polri terus menjadi mitra Polri yang solid.

"Saat ini, mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar Indonesia tetap utuh, tidak terpecah belah oleh kegiatan lima tahunan berupa Pemilu. Perbedaan pilihan tentu ada, namun diharapkan kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Saya berharap Senkom tetap menjadi mitra Polri," ujar Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., saat membuka Rakernas IV Senkom Mitra Polri.

Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, Wakapolri mengajak Senkom Mitra Polri untuk mendukung pelaksanaan Operasi Nusantara Cooling System (NCS) yang diaktifkan oleh Polri guna memastikan keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.


Dalam laporannya, Ketua Umum Senkom Mitra Polri K.P.H. Dr. Katno Hadi Mangunagoro SE, MM, menyampaikan bahwa Rakernas IV tahun 2023 dihadiri oleh 600 anggota dari 38 Provinsi di seluruh Indonesia secara langsung di Jakarta, dan 11.000 lebih anggota yang mengikuti secara online di studio Provinsi, Kabupaten/Kota masing-masing. Acara ini diisi dengan deklarasi bersama Pemilu Damai yang melibatkan seluruh anggota Senkom Mitra Polri dari seluruh Indonesia, yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan di atas kain raksasa.


Kabaharkam Polri, Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si. hadiri Rakernas Senkom Mitra Polri 2023 di PTIK Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Hadir pada pembukaan Rakernas IV Senkom Mitra Polri, antara lain, Kabaharkam, Kabaintelkam, Kakorbinmas, Kadiv Humas, Kemhan, Kominfo, Kemenhub, Kemendagri, Ka.BNN, Kepala BNPT, dan beberapa pejabat Mabes Polri serta Polda Metro Jaya. Suasana Rakernas yang diikuti secara luas ini menegaskan komitmen Senkom Mitra Polri untuk terus berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara, khususnya dalam menyambut Pemilu 2024. (ojeb)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara