Sekretaris Senkom Jatim Menyoroti Peran Vital Komunikasi Radio dalam Penanggulangan Bencana


Senkomsidoarjo.or.id | Surabaya, 16 April 2024 - Sekretaris Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Timur, Wahjoe Soetiono, S.Sos., telah menjadi narasumber dalam acara "Kenthongan" di Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya. Acara tersebut disiarkan langsung dalam program Surabaya Sore Ini dengan tema "Peran Komunikasi Radio Dalam Penanggulangan Bencana".


Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting sebagai narasumber, antara lain Sukatno (Obi) dari TRC BPBD Provinsi Jatim, Tedjo Baskoro (YB3TE) Ketua ORARI Lokal Sidoarjo, dan Kabid SDM dan Organisasi RAPI Lokal 1 Wilayah 13 Pasuruan, serta dipandu oleh Dini Wardani.

Wahjoe Soetiono, akrab dipanggil Pak Wahyu, menjelaskan bahwa Radio HT/Radio RIG memiliki peran penting dalam penanggulangan bencana karena sistem kerjanya yang portabel dan praktis. Meskipun teknologi digital sudah ada, radio analog tetap menjadi pilihan yang handal karena dapat digunakan di berbagai situasi, terutama saat listrik padam seperti yang terjadi di Palu.

"Bagi kami, yang penting adalah bagaimana pesan dapat disampaikan, apapun sarana yang digunakan," ujar Wahjoe Soetiono. Dalam situasi bencana, semua sarana komunikasi dan potensi yang ada harus dimanfaatkan secara optimal untuk memberikan informasi yang dibutuhkan.(Ojeb)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara