Dishub Kota Malang Permudah Jalur Akses ke Kawasan Kayu Tangan Guna Lestarikan Cagar Budaya


Senkomsidoarjo.or.id | MALANG - Bertempat di Hotel Ijen Suites Resort & Convention Malang Jl. Ijen Nirwana Raya Kecamatan Klojen Kota Malang telah dilaksanakan kegiatan Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang yang di hadiri sekitar 50 orang, Senin 12/12/2022

Hadir dalam rapat, Walikota Malang (Drs. Sutiaji), 

Dandim 0833/Kota Malang Diwakili oleh Pasi Intel Kodim 0833/Kota Malang (Kapten Inf Faisal Rizal Pelu), 

Kapolresta Malang Kota diwakili oleh Kanit Patroli Polresta Malang (Iptu M. Shiykhu), 

Kapolsek Klojen (Kompol Domingos DE F. Ximenes, SH.,S.I.K), 

Danramil 0833/ 01 Klojen (Lettu Inf Miseri), 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang (Wijaya Saleh Putra), 

Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, (Bpk Fathol Arifin), 

Kajari Kota Malang diwakili oleh Kasi Intel Kajari Kota Malang ( Eko Budi Susanto), 

Lurah Kauman dan lurah Jatimulya, 

Camat Klojen dan Camat Lowokwaru, 

Peserta Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan, 

Personil Dinas Perhubungan Kota Malang dan para tamu undangan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.



Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian dari Bapak Doni tentang manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Kayu Tangan.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, Penataan kawasan Kayu Tangan sebagai ikon Heritage 

Penataan dan rekayasa lalu lintas yang sesuai dengan konsep Kayu Tangan Heritage tersebut dibutuhkan untuk mencegah terjadinya permasalahan lalu lintas, di antaranya kemacetan & parkir di tepi jalan (on street parking)

Penataan kawasan akan berpengaruh terhadap tingkat pelayanan kinerja jaringan jalan.

Kayu Tangan merupakan kawasan yang teridentifikasi memiliki Benda Cagar Budaya (BCB) yang perlu dilindungi dan dilestarikan salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun kembali kawasan tersebut tanpa mengurangi nilai estetik dan sejarah yang sudah ada. selain menerima manfaat pembangunan infrastruktur, diharapkan penataan kawasan Heritage Kayu Tangan ini dapat membantu pelestarian cagar budaya serta menggerakkan perekonomian masyarakat.


Dengan revitalisasi kawasan ini, maka tidak dapat dipungkiri akan menimbulkan tarikan pergerakan kendaraan yang akan sangat berpengaruh terhadap kinerja jaringan jalan di kawasan tersebut. studi pendahuluan yang telah dilakukan sebelumnya, didapatkan beberapa skenario khusus yang akan diterapkan dikawasan tersebut terkait manajemen lalu lintasnya". Jelas Doni.

Selanjutnya sambutan kedua,  penyampaian dari Kepala Dinas Perhubungan Kota malang (Wijaya Saleh Putra).

Dalam sambutannya beliau menuturkan "Kajian penataan di wilayah kayu tangan telah kita lakukan sejak tiga tahun yang lalu, semakin tinggi volume kendaraan maka mau tidak mau harus kita lakukan rekayasa lalu lintas untuk dapat mengurangi kemacetan. 

Skenario sudah di susun oleh para ahli yaitu skenario yang terbaik maka perubahan rekayasa lalu lintas kami harap menjadi perubahan yang positif. pada kesempatan yang baik ini kami membutuhkan masukan dari para hadirin sekalian.

Pada kesempatan yang akan datang di harapkan di awal tahun harus di lakukan uji coba". Tutur Wijaya.

Selanjutnya penyampaian dari Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, ( Fathol Arifin) yang menjelaskan bahwa perlu adanya kebijakan yang positif bagi semua karena kebijakan yang baik dan benar, belum tentu berdampak positif bagi sebagian masyarakat, sebagai contoh kebijakan pembangunan jalan tol, mungkin bagi sebagian besar masyarakat berdampak positif karena dapat mengurangi kemacetan dan melancarkan arus kendaraan.

Tetapi bisa juga berdampak negatif bagi sebagian warga karena akses di kampungnya menjadi terputus. Ini yang kami tekankan kepada para hadirin agar kebijakan ini sebisa mungkin meminimalisir kerugian dari warga.


Perlu kami sampaikan bahwa setiap kebijakan akan perubahan memang perlu adanya salah satu yang harus di korbankan, maka dari itu perlu adanya ketegasan dari pihak pemerintah Kota Malang jangan sampai kita sudah membuat kebijakan dengan segala rencana  dan konsekwensinya, seiring waktu tidak berjalan karena kurangnya ketegasan dari unsur Pemerintah". Jelas Fathol.

Selanjutany penyampaian dari Bapak Edi tentang Skema satu arah sebagai berikut,

Menerapkan satu arah ;

a) Sepanjang Ruas Jl. Jend. Basuki Rachmat, dari arah utara (PLN) menuju selatan (Rajabali)

b) Sepanjang Ruas JI. Jend. Basuki Rachmat, dari arah selatan (Toko Den) menuju utara (Rajabali)

c) Jl. Semeru (sisi timur), dari arah timur (Rajabali) menuju barat sampai ke Pizza Hut Bromo

d) Sepanjang Ruas JI. Bromo (sisi utara), dari arah selatan (Bank Permata) menuju utara (JI. Buring), sedangkanBromo (sisi selatan) tetap 2 arah

e) Sepanjang Ruas Jl. Brig.Jend. Slamet Riyadi, dari arah barat menuju timur Menerapkan 1 arah.

f) Sepanjang ruas Jl. Majapahit, dari arah utara menuju selatan

g) Sepanjang ruas Jl. Kahuripan, dari arah barat menuju timur

h) Sepanjang Ruas Jl. Belakang RSU, dari arah selatan menuju utara

i) Sepanjang Ruas Jl. Merdeka Barat (depan Masjid Jami) dari arah selatan menuju utara

j) Sepanjang Ruas Jl. Arjuno dari arah utara menuju selatan

k) Sepanjang Ruas Jl. Brawijaya, dari arah utara menuju selatan


Adapun yang harus dilakukan adalah, 

a) Diperlukan pembongkaran median sepanjang Jl. Jend. Basuki Rahmat

b) Diperlukan pembongkaran taman & median di Jl. Semeru

c) Diperlukan pelebaran di Jl. Brig. Jend. Slamet Riyadi dan Jl. Bromo, minimal Perkerasan Bahu Jalan

e) Penertiban parkir sepanjang Jl. Tene, Jl. Arjuno,Jl. Merdeka Timur,Jl. Semeru, Jl. Bromo, Jl. Merdeka Selatan,Brawijaya (Splendid)


Sedangkan yang harus di perhatikan sebagai berikut;

a) Perlu dipertimbangkan rekayasa arus lalu lintas apabila ada kegiatan di depan Balai Kota Malang

Yang harus diperhatikan:

b) Perlu diperhatikan dampak terhadap jalur angkutan umum

c) Direncanakan bulan Januari akan dimulai ujicoba rekayasa lalin di Kayutangan. Oleh sebab itu, sebelum uji coba,

proses penghilangan median - median jalan harus segera dilakukan

d) Mempertimbangkan beberapa kegiatan acara yang mengharuskan penutupan jalan di kawasan Kayu Tangan heritage akan menyulitkan pengalihan arus sehingga disepakati untuk tidak melakukan kegiatan yang mengharuskan penutupan jalan dikawasan Kayu Tangan

e) Sosialisasi kepada masyarakat terkait rekayasa lalu lintas di Kayu Tangan dengan infografis yang menarik dan informatif

Sambutan selanjutnya dari Walikota Malang yaitu beliau menuturkan bahwa kami sampaikan terima kasih kepada kawan-kawan terkait kemacetan lalu lintas di tambah berbagai permasalahan pengembangan infrastruktur yang baru perlu kita rencanakan untuk jangka panjang. karena kita perlu adanya koordinasi dengan beberapa intalasi terkait.

Yang kita bangun saat ini baru Supratrutur yaitu dengan berusaha merekayasa kemacetan agar dapat di minimalisir. sampai saat ini kami upayakan di beberapa titik agar bisa di bangung fly over guna mengurangi kemacetan.

Harapannya Tahun 2023 masuk dalam dokumen pembangunan PU. Kami juga ingin bekerja sama dengan pihak Swasta untuk mebuat kajian agar dapat mengurangi kemacetan di beberapa titik di Kota Malang.

Problem yang ada saat ini tidak ada UU yang mengatur tentang masalah jalan. UU yang baru hanya mengatur tentang kondisi jalan. 

Hal ini yang menjadi kepentingan kita semua dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Harapan saya agar semua elemen bisa bersinergi untuk mengatasi kemacetan bila ada kemacetan yang terjadi di jalan maka harapan saya petugas terkait agar hadir di lapangan.

Penegakan hukum dari kepolisian juga perlu menindak lanjuti, karena untuk meminimalisir kemacetan dan kecelakaan.

Komitmen membangun di siplin harus di tegakkan sesuai aturan dan kebijakan yang berlaku demi kebaikan kita bersama". Tutur Edi.











































Senkom Mitra Polri | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue | Bela Negara | Senkom | Senkom Sidoarjo | Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan |

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara