Menhan RI Kunjungi Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang


Senkomsidoarjo.or.id | LUMAJANG - Bertempat di Wilayah Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang telah dilaksanakan kegiatan Kunjungan kerja Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) beserta rombongan dalam rangka peninjauan korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang yang dihadiri sekitar 400 orang, Kamis 08/12/2022.



Hadir dalam kunjungan Menhan di Kabupaten Lumajang, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI), Mayjen TNI Rui Duarte (Plt. Karo TU dan Protokol), Kapten Inf Teddy Indra Wijaya (ADC Menhan), Agung Surahman (Sespri Menhan), Ahmad Rajif (Sespri Menhan), Kolonel Inf M.I. Gogor Agnie Aditya (Danrem 083/BDJ), H. Toriqul Haq, M.ML (Bupati Lumajang), Ir. Indah Amperawati, M.Si (Wakil Bupati Lumajang), Letkol Czi Gunawan Indra Yitno T, S.T., M.M (Dandim 0821 Lumajang), Kompol Andi (Wakapolres Lumajang), Patria Dwi Hastiadi, AP, M.Si (Ka. BPBD Lumajang), Anggota DPRD Kabupaten Lumajang, Forkopimcam Pronojiwo, Masyarakat dan para pengungsi korban erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo.

Setibanya dilokasi, Menhan disambut beberapa pejabat setempat diantaranya, Kolonel Inf M.I. Gogor Agnie Aditya (Danrem 083/BDJ), Letkol Czi Gunawan Indra Yitno T, S.T., M.M (Dandim 0821 Lumajang), Kompol Andi (Wakapolres Lumajang), Forkopimcam Pronojiwo, Masyarakat Pronojiwo dan Murid SDN Pronojiwo 01.


Dalam kunjungannya, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) menemui masyarakat Pronojiwo dan Murid SDN Pronojiwo 01 serta dilanjutkan menyapa dan menandatangani hasil karya lukisan anak-anak SDN Pronojiwo 01.

Selanjutnya Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) beserta rombongan meninggalkan Helipad Lapangan Pronojiwo menuju SMPN 02 Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

Setibanya dilokasi, Menhan disambut oleh H. Toriqul Haq, M.ML (Bupati Lumajang), Ir. Indah Amperawati, M.Si (Wakil Bupati Lumajang), Patria Dwi Hastiadi, AP, M.Si (Ka. BPBD Lumajang) dan Anggota DPRD Kabupaten Lumajang.

Dalam sambutannya, Menhan RI Mengatakan bahwa "hari ini saya ke Lumajang untuk mengetahui bagai mana kondisi warga Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Apabila ada hal-hal penting tolong sampaikan nanti akan saya laporkan ke Presiden agar permasalahan warga Lumajang korban Semeru segera diatasi.

Terima kasih kepada Pemkab Lumajang yang sudah sigap dalam menangani bencana dan saya mendengar sendiri laporan dari Bupati Lumajang.

Menhan berterima kasih karena dampak bencana di Lumajang penanganannya sangat luar biasa sehingga semuanya dapat segera teratasi.

Kemudian sambutan oleh Bupati Lumajang yang dalm sambutannya beliau mengatakan bahwa Pemerintah sudah memikirkan semua dan warga yang menjadi korban Semeru akan mendapatkan rumah yang baru.

Semua warga yang rumahnya hilang dan rusak akibat dampak Semeru akan mendapatkan gantinya berupa hunian tetap dan hunian sementara. 

Semuanya yang menerima hunian tetap berjumlah 1900 yang  diterima secara bertahap dan besok tinggal 200 yang akan menerima.

Ini zona merah sehingga besok yang terdapak dalam zona merah nanti dipindahkan ke lokasi hunian tetap yang lokasinya lebih aman". Jelas H. Toriqul Haq.

Kemudian ada beberapa warga yang mengajukan pertanyaan, diantaranya dari salah satu korban erupsi Semeru Bapak Soleh yang mengatakan bahwa "Kami yang ada di zona hijau juga sangat khawatir karena tanggul sungai pembatas aliran lahar yang dulunya tinggi akan tetapi sekarang sudah dangkal dan mohon untuk tanggul agar dipertinggikan lagi sehingga kami tidak khawatir". Tutur Soleh.

Kemudian Menhan RI memberikan tanggapan bahwa masalah tersebut sudah dicatat oleh Kementrian PUPR dan akan segera diatasi.

Pertanyaan kedua oleh Sdr. Mulyadi (korban erupsi Semeru) yang mengatakan bahwa "kami yang mayoritas petani sekarang kebingungan lahan pekerjaan karena dampak erupsi akibat lahan rusak akibat erupsi". Ungkap Mulyadi.

Tanggapan Bupati Lumajang yang menjelaskan bahwa di lahan hunian tetap sudah disiapkan lahan peternakan terpadu untuk memberikan lahan pekerjaan kepada penghuni hunian tetap". Jelas Toriqul Haq.

Kemudian Menhan RI menjelaskan bahwa Pemkab maupun Pemerintah pusat sudah mengerti apa yang dikeluhkan oleh Bapak Ibu sekalian dan Pemerintah nanti akan mengeluarkan  program untuk rakyat yang nanti semua akan mendapatkan  kehidupan yang layak dan mampu lagi berdiri di kaki sendiri.


Lihat juga 👇

Pemerintah Bangun Rumah Tahan Gempa di Cianjur


Kami ikut merasakan kesulitan Bapak Ibu sekalian dan mari kita bersama-sama saling bergotong royong yang kuat membantu yang lemah dan yang mampu membantu yag tidak mampu". Jelas Prabowo.

Selanjutnya Letjen (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) menyerahkan bantuan sembako kepada perwakilan pengungsi dan menyerahkan sepeda motor Trail Kawasaki KLX kepada para Babinsa Koramil 0821/14 Pronojiwo.

Selanjutnya Letjen (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) melaksanakan peninjauan tempat tidur pengungsi dan menyapa para pengungsi.

Dalam kegiatan kunjungan Menhan RI tersebut banyak warga yang antusias sehingga banyak yang meminta foto bersama.

Selama pelaksanaan kunjungan kerja Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang berjalan lancar.(agusc)











































Senkom Mitra Polri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara