Rakernas IV Senkom Mitra Polri: Menuju Generasi Indonesia Maju melalui Sumpah Pemuda 2023


Senkomsidoarjo.or.id | Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri akan segera menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV. Sebagai persiapan menuju pelaksanaan Rakernas tersebut, PP Senkom Mitra Polri telah mengadakan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan "Road to Rakernas IV Senkom Mitra Polri", di mana Departemen Pemuda dan Olahraga Senkom Mitra Polri menyelenggarakan Webinar Nasional SUMPAH PEMUDA.

“Pada Moment Peringatan Sumpah Pemuda tahun 2023, kami mengadakan Webinar sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan Rakernas IV Senkom Mitra Polri. Oleh karena itu, Webinar Sumpah Pemuda tahun 2023 kami diselenggarakan sebagai tahap menuju Rakernas,” ucap Nedy Wilbara, Sekjen Senkom Mitra Polri.

Sementara itu, Yusuf, ketua Departemen Pemuda dan Olahraga PP Senkom Mitra Polri, selaku ketua penyelenggara pada webinar tersebut, menyampaikan bahwa dengan mengusung tema, ‘Mewujudkan Pemuda yang Berilmu, Berbudi Pekerti Luhur, serta Mandiri dalam menghadapi Bonus Demografi untuk Generasi Indonesia Maju,’ diharapkan banyak memberikan manfaat. Oleh karena itu, ujarnya, Webinar Sumpah Pemuda PP Senkom Mitra Polri ini menghadirkan pemuda-pemuda berprestasi sebagai narasumber.

“Pada kesempatan ini, hadir Dody Taufiq W. Ak, M.Com, CA, CIA, Sekum DPP LDII yang sukses dalam karirnya dan pernah menjabat sebagai CEO Bakrie Grup. Dr. M. Hidayat, M.I.Kom, Pengurus PP Senkom Mitra Polri yang sukses sebagai pemuda pelopor dan mencapai puncaknya di tahun 2023 dengan menjadi salah satu peserta konferensi Tingkat Tinggi PBB di Jenewa yang termuda. Dan narasumber ketiga adalah H. Agus Riyanto, S.T., M.Si., seorang Pamen Angkatan Laut yang juga seorang Mubaligh, dan saat ini berfokus pada pembinaan Sepak Bola usia Dini tingkat Nasional dalam Forsgi dan Apsumsi,” jelas Yusuf.


Webinar Sumpah Pemuda tahun 2023 oleh Departemen Pemuda dan Olahraga PP Senkom Mitra Polri diadakan pada Sabtu, 28/10/2023 dengan Moderator Herlan Maulana M., S.Sos. M,Si. Acara ini terbuka untuk umum dan disiarkan secara live di channel YouTube SenkomTV melalui tautan bit.ly/PemudaSenkom2023 

Acara juga diikuti oleh ribuan pemuda dari seluruh Nusantara melalui platform Zoom di tempat masing-masing.

Dalam penyampaian materi, ketiga narasumber sepakat bahwa Sumpah Pemuda adalah tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia dan dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia, melanjutkan tonggak pertama nasionalisme saat pendirian Boedi Oetomo 1908.

Para narasumber juga sependapat bahwa makna sumpah pemuda mencerminkan semangat perjuangan dan pengorbanan pemuda-pemudi Indonesia saat itu yang rela berkorban untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, mereka mengajak untuk tidak pernah berhenti berjuang dan melakukannya dengan sepenuh hati.

Semangat persatuan dan kesatuan, serta kerja sama untuk menjaga keutuhan NKRI, meskipun dari latar belakang yang berbeda (suku, agama, ras, bahasa), adalah hal yang sangat penting. Semua harus rela bersatu, saling menghargai, dan bekerjasama demi memperjuangkan kemerdekaan.

Semangat mencintai tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia, serta rasa bangga sebagai Bangsa Indonesia, tidak boleh pernah luntur. Generasi saat ini diharapkan dapat menghasilkan ide, kreativitas, dan inovasi untuk mengisi dan mempertahankan eksistensi kemerdekaan itu sendiri. (Fin/a)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara