Senkom Mitra Polri Karanganyar Tingkatkan Kapasitas Penanggulangan Bencana


Senkomsidoarjo.or.id | Karanganyar - Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar terus mengukuhkan peranannya dalam penanggulangan bencana dan pertolongan. Dalam rangka peningkatan kapasitas anggotanya, mereka secara berkala menggelar pelatihan teori dan praktik, sesuai dengan semangat slogannya "Siaga Saat Aman Ada Saat Di Butuhkan."


Pada Minggu pagi, 1 Oktober 2023, di Pondok Pesantren Al Mukhlisin, Jl. Alternatif Matesih, Temu Ireng, Popongan, Kecamatan Karanganyar, berlangsung Diklat Peningkatan Kapasitas Senkom Rescue dan relawan pondok pesantren. Acara ini diadakan dalam rangka menguatkan kesiapsiagaan bencana di Pondok Pesantren menuju Pondok Pesantren tangguh Bencana Surakarta.



H. Joko Sutrisno, SH, MM, selaku Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar, memberikan apresiasi tinggi kepada panitia dan anggota yang telah berpartisipasi dalam simulasi pemadaman kebakaran. "Harapannya semua anggota Senkom dapat memberikan pertolongan dengan cepat dan tanggap kepada masyarakat, serta memberikan edukasi dan sosialisasi dalam penanganan kebakaran untuk menghindari kerugian yang lebih besar," ungkapnya.

Aris Indriyatmoko, SE, MM, Kepala Pelatihan Inspeksi Bidang Damkar, menjelaskan bahwa acara ini merupakan hasil kerjasama antara Damkar Satpol PP yang berfokus pada pemadam kebakaran dengan Senkom Kabupaten Karanganyar. Mereka menyampaikan sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran, dengan teknik yang mencakup penggunaan alat modern seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan metode sederhana seperti karung goni, handuk, ataupun selimut yang dapat menyerap air.

"Kebakaran melibatkan tiga unsur: panas, oksigen, dan media yang dapat terbakar. Kami memberikan edukasi untuk menutup sumber oksigen, karena tanpa oksigen, api akan padam dengan sendirinya," terangnya.

Zainoel Muttaqin, SAP, Penyuluh Bencana dari BPBD Kabupaten Karanganyar yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Senkom Karanganyar, menegaskan bahwa acara ini adalah bagian dari rencana kerja Senkom Kabupaten Karanganyar. Mereka berkolaborasi dengan Satpol PP dalam sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran, bersama relawan pondok pesantren Kabupaten Karanganyar untuk tahun 2023. (ghoni/bejo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara