Sinergi Antara Bupati Grobogan dan Senkom Rescue dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana


Senkomsidoarjo.or.id | Grobogan - Sebanyak satu pleton anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Grobogan turut serta dalam Apel Siaga Gelar Pasukan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan. Acara ini diikuti oleh Forkompinda, TNI, Polri, dan beberapa pleton pasukan lainnya.

Apel Siaga dan pengecekan peralatan penanggulangan bencana Kabupaten Grobogan Tahun 2023 digelar di Halaman Setda Kabupaten Grobogan, Jl. Gatot Subroto No.6, Brambangan, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada Rabu, 01/11/2023.

 



Bupati Grobogan, Sri Sumarni, menyampaikan bahwa tujuan dari apel siaga bencana adalah membangun sinergisitas dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan risiko terjadinya bencana.

"Kita sudah memasuki fase pengalihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan atau yang disebut dengan musim pancaroba. Kita tetap berharap agar daerah ini terhindar dari bencana, kondisi geologis dan geofisik, memungkinkan terjadinya bencana alam di daerah ini," ujarnya.

Beliau menjelaskan, cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan cuaca ekstrem dan akhirnya bencana hidrometeorologi. Oleh karena itu, seluruh pihak perlu terus meningkatkan kesiapsiagaan baik dari segi personel maupun sumber daya peralatan.

"Pelaksanaan apel siaga bencana dapat menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana. Saya yakin semua pihak tentunya telah memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing tinggal bagaimana mempererat kerjasama dan komunikasi secara aktif agar implementasi di lapangan dapat berjalan dengan baik," paparnya.

Bupati juga menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap petir, angin kencang, puting beliung, dan hujan lebat saat memasuki masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan, yang berpotensi menyebabkan banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

"Fenomena alam seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung sering menyertai musim penghujan, berdampak pada kerugian material, bahkan dapat mengakibatkan rumah roboh dan pohon tumbang," tambahnya.

Bupati juga mencatat bahwa di Kabupaten Grobogan, kejadian kebakaran rumah serta kebakaran hutan dan lahan mengalami peningkatan pada tahun 2023 ini. Oleh karena itu, ia meminta kepada jajaran BPBD, camat, kepala desa, unsur TNI dan Polri, serta tokoh masyarakat untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait potensi bencana.



Ketua Senkom Mitra Polri Grobogan, Tohirin, S.Pd.I, menyampaikan harapannya agar kegiatan apel siaga gelar pasukan ini dapat menjadi wadah kolaborasi dan sinergi antara Senkom Rescue dengan BPBD dan pemerintah Kabupaten Grobogan.

"Ini sesuai dengan arahan dari Bupati Grobogan yang mengajak seluruh pihak terkait dalam penanganan bencana alam di Grobogan. Kami siap membantu pemerintah dalam penanggulangan kebencanaan dan pertolongan sesuai dengan tupoksi Senkom Rescue, dengan semboyannya 'Siaga Saat Aman Ada Saat di Butuhkan'," tegasnya. (ghoni)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara