Bersama BPBD, Senkom Rescue Banyumas Gelar Latihan Gabungan, Tingkatkan Kesiapsiagaan Penanganan Darurat Bencana


Senkomsidoarjo.or.id | BANYUMAS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas menggelar latihan gabungan untuk meningkatkan kapasitas penanganan darurat bencana. Kegiatan ini dilaksanakan dengan fokus pada aktivasi sistem komando penanganan darurat bencana (SKPDB) banjir di wilayah Kecamatan Tambak, Sumpiuh, dan Kemranjen, berlangsung dari tanggal 17 hingga 18 Desember 2023.

Sebanyak 200 personil aktif turut serta dalam latihan gabungan ini, melibatkan Forkompincam Tambak, Sumpiuh, dan Kemranjen, Batalion D Brimob, Serayu Rescue, Sirau Tanggap Bencana, Mahameru Banyumas, Relawan, Purwokerto Rescue, Senkom Mitra POLRI Banyumas, Pramuli, Rapi, Ubaloka, Bagana, Sar Mta, dan Gebangsari Tanggap Bencana.

Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati Banyumas, Hanung, membuka apel latihan gabungan dengan memberikan dukungan penuh terhadap upaya BPBD Kabupaten Banyumas dalam mengorganisir komponen relawan masyarakat. Langkah ini terbukti efektif dalam mengantisipasi timbulnya korban saat bencana, terutama penanganan banjir di Tambak, Sumpiuh, dan Kemranjen.

Kepala BPBD Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho, yang turut terjun langsung ke lapangan, menyampaikan apresiasi mendalam terhadap sinergi yang terjalin antara TNI, Polri, unsur pemerintahan, dan masyarakat yang tergabung dalam organisasi relawan. Beliau menekankan bahwa relawan adalah garda terdepan dalam membantu penanganan kebencanaan.


Eddy Wahono, Pembina Forum Relawan lintas Organisasi Banyumas (FORTASI), menambahkan bahwa sinergitas relawan dengan BPBD terjalin kuat dalam setiap pelatihan dan penanganan kebencanaan. Pelatihan ini, yang dilaksanakan pada hari Minggu dan Senin, tidak hanya melibatkan penyampaian materi tetapi juga simulasi penanganan bencana pada hari Senin. Hal ini bertujuan untuk memastikan implementasi tugas pokok fungsi cluster, seperti evakuasi, shelter, posko, komunikasi, kesehatan, dan dapur umum, dapat berjalan dengan baik.

Dengan semangat saling mendukung, diharapkan bahwa setiap cluster dapat berfungsi optimal ketika terjadi bencana di masa mendatang.(Tulus)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara