Di Tempat Inilah Senkom Mitra Polri Dilatih dan Digembleng Secara Fisik dan Mental



Senkomsidoarjo.or.id | Ngawi - Guna meningkatkan kapasitas (Capacity Building) Senkom Mitra Polri didalam menjalankan tugas pengabdian menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memperkuat jiwa korsa dalam kebersamaan organisasi, Senkom Mitra Polri Kabupaten Ngawi bersama Senkom Mitra Polri Bojonegoro berkolaborasi menggelar latihan dan outbond bareng di bumi perkemahan perkebunan teh Jamus Ngawi, Minggu 11/6/2023.

Keduanya bertemu dan melakukan kegiatan bareng di Bumi Perkemahan Perkebunan Teh Jamus yang terletak di lereng Gunung Lawu sebelah utara, atau tepatnya di Desa Girikerto Kecamatan Sine 40 Km kearah Barat daya Kota Ngawi Jawa Timur.

Lokasi itu berada di ketinggian 1.200 di atas permukaan laut (DPL) membuat udara di kebun teh Jamus sangat sejuk. Tampak dari puncak terlihat pemandangan hijaunya area kebun teh dan area persawahan serta perkebunan milik masyarakat sehingga membuat pelaksanaan kegiatan ini menjadi lebih istimewa.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dibuka langsung oleh Ketua Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Timur, Ir. H. Maun, MT, IPM, pada Sabtu, 10/6/2023. Dalam sambutannya Maun berharap dengan dilaksanakannya pelatihan  Senkom gabungan dua Kabupaten ini kedepan agar bisa lebih solid, kompak, memiliki jiwa korsa tinggi dalam menjalankan tupoksi organisasi dan memaksimalkan pengabdian menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing.

Ketua Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Timur, Ir. H. Maun, MT, IPM

Menurut Maun, peningkatan dan pembangunan kapasitas (capacity building) sumber daya manusia sangatlah penting dilakukan untuk kemajuan organisasi. “Secara umum capacity building sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude), dan perilaku dari sumber daya manusia, hal ini perlu dibarengi kemauan yang kuat, kemampuan diri, dan integritas dalam rangka penguatan pengembangan organisasi yang terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan,” ungkapnya.



“Kemampuan diri setiap anggota harus selalu diasah dan ditingkatkan, bisa melalui pelatihan, seminar, agar semakin meningkat pula kemampuan kita dalam organisasi. Utamanya meningkat pada fungsi pelayanan, fungsi Kaderisasi dan Pengamanan ketertiban di wilayah masing- masing,” jelas Maun.

Sekretaris Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Timur Wahjoe Soetiono, S.Sos., saat memberikan pembekalan

Sekretaris Senkom Mitra Polri Jatim Wahjoe Soetiono, S.Sos., yang turut memberikan pembekalan menegaskan dalam berorganisasi dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing agar  tetap bertahan. Kemampuan itu didukung dengan kecerdasan organisasi untuk mengelola pengetahuan melalui proses belajar berkelanjutan.

“Untuk itu kualitas SDM Senkom Jatim harus lebih matang, hal ini merupakan salah satu faktor kunci daya saing organisasi, agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan bertahan di era yang semakin canggih dengan kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi,” jelas Wahjoe

Ia menyambut positif apa yang dilakukan pengurus Senkom Ngawi  dan Bojonegoro dengan menggelar latihan bareng ini sangat luar biasa. “Mengingat dengan permasalahan dan kemajuan zaman yang ada, setiap anggota Senkom dituntut untuk dapat berkompetisi dan meningkatkan daya saing dalam mengikuti perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi. pastinya perlu dukungan dari semua anggota,”tutup Wahjoe.


Ditempat yang sama, Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Ngawi, Sarjono, SH menyampaikan kegiatan ini diikuti 250 anggota dari dua Kabupaten, yakni Kabupaten Ngawi dan Bojonegoro. Selama dua hari mereka digembleng secara fisik dan mental, sekaligus mereka mendapatkan berbagai materi teori dan praktek tentang berbagai hal guna menguatkan diri sebagai anggota Senkom Mitra Polri yang berkualitas dan Prima yaitu Profesional, Responsif, Inovatif, Moderen dan Akuntabel.



“Menjaga keutuhan NKRI NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) bukan hanya tugas TNI dan POLRI, sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus berpartisipasi sebagai wujud bela negara. Dengan wadah Senkom Mitra Polri ini, kami bertekad untuk mengabdi demi ketertiban dan keamanan Negeri tercinta ini,” ujarnya.



Pria yang kesehariannya bertugas di Humas Keprotokolan Pemda Ngawi ini menambahkan, selama ini para anggota Senkom Mitra Polri aktif membantu masyarakat sesuai bidang ditingkatannya. “18 tahun sejak berdiri, Senkom Mitra Polri telah mengabdi menjalani 3 klaster kemitraan yang sudah MoU. Yakni dengan Mabes Polri terkait kamtibmas, dengan BNPB terkait penanganan bencana alam dan dengan Kemenhan terkait bela negara,” katanya.



Hari ini mereka di refresh di lokasi yang berada di ketinggian 1.200 di atas permukaan laut (DPL) dengan udara di kebun teh Jamus sejuk dan asri ini agar lebih bugar dan labih semangat dalam menjalankan tugas pengabdiannya.

Kolaborasi Senkom Mitra Polri Ngawi bersama  Senkom Mitra Polri Bojonegoro ini mengusung tema, "Peningkatan kualitas dan kapabilitas personil untuk mewujudkan kader militan dalam menembus jarak tanpa batas”. Latihan bareng kali ini membekali anggota dengan aspek keorganisasian Senkom Mitra Polri, PBB, outbond dan kerelawanan Senkom,” ungkap Sarjono.



Sementara pengurus Senkom Mitra Polri Kabupaten Bojonegoro yang diwakili Sekretaris Agung Imam Ghozali, SE menyampaikan syukur Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Bojonegoro bisa mengikuti latihan ini dengan semangat. Semua anggota perlu direfresh, dilatih kembali dengan berbagai keterampilan dan ketangkasan. Harapannya jika dibutuhkan selalu ada. Sesuai tagline-nya, Senkom siaga saat aman, ada saat dibutuhkan,” tutup Agung.(One/A.Imam)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara