Senkom Hadiri Jambore Nasional Potensi SAR 2023 yang Berlangsung Meriah



Senkomsidoarjo.or.id | Jakarta - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsdya TNI Kusworo, secara resmi membuka Jambore Nasional Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Bumi Perkemahan (Buperta), Cibubur, pada Senin (27/11/2023). Acara yang diikuti oleh 430 personil potensi SAR binaan dari 43 Kantor SAR se-Indonesia ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan menjalin silaturahmi antara Basarnas dengan Potensi SAR.

Dalam sambutannya, Kepala Basarnas Marsekal Madya Kusworo menegaskan tujuan utama Jambore ini adalah untuk memperkuat kolaborasi antara Basarnas dan Potensi SAR, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pencarian dan pertolongan. "Jambore Nasional Potensi SAR ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan tentunya merekatkan jalinan silaturahmi antara Basarnas dengan Potensi SAR, maupun sesama Potensi SAR yang ada di seluruh tanah air," ujar Kabasarnas Kusworo.

Kegiatan Jambore Nasional Potensi SAR turut diisi dengan berbagai adu skill melalui mini challenge dan fitness drill antar tim dari 43 Potensi SAR se-Indonesia. Setiap tim yang terlibat terdiri dari 10 personel yang merupakan pilihan dari masing-masing unit pelaksana teknis atau Kantor SAR se-Indonesia.

"Basarnas memiliki 43 Kantor SAR. Tim yang mereka hadirkan pada Jambore ini adalah personel-personel pilihan yang telah mendapatkan pelatihan teknis SAR dari masing-masing Kantor SAR," ungkap Kabasarnas.

Dari Jambore ini, Basarnas dapat memonitor dan mengevaluasi hasil pembinaan Potensi SAR yang dilaksanakan oleh masing-masing Unit Pelaksana Teknis di wilayah kerjanya masing-masing.

Menurut Kepala Basarnas, Potensi SAR adalah sumber daya manusia, sarana prasana, teknologi dan informasi, serta hewan, yang dapat dikerahkan untuk mendukung penyelenggaraan SAR. Tujuan utama Jambore Potensi SAR ini, seperti yang dijelaskan oleh Ketua Panitia Penyelenggara, Hernanto, adalah menyamakan persepsi dan membangun kerjasama tim yang solid serta kebersamaan.

"Hal ini bertujuan untuk membangun kerjasama tim yang solid dan kebersamaan dengan semangat quick action 'satu jiwa, satu rasa'," ungkap Hernanto.



Pembukaan Jambore Potensi SAR ini dihadiri oleh Sekretaris Utama (Sestama) Basarnas Abdul Haris Achadi, Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, serta perwakilan dari BMKG, BNPB, BPK RI, TNI, POLRI, KNKT, Lanud Atang Sanjaya, RS Polri Sukanto, Ketua Senkom Mitra Polri bidang Kebencanaan Tri Joko, S.H., dan perwakilan organisasi potensi SAR lain seperti ORARI, RAPI, TAGANA, dan undangan lainnya.

Turut hadir seluruh pejabat Kepala Kantor SAR (Kakansar) dari berbagai daerah di Indonesia, yang memberikan kontribusi positif untuk kesuksesan acara ini.(DP/*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara