Kesiapan Arus Mudik Lebaran 2024: Sinergi Polda Jatim dan Stakeholder di Terminal Purabaya


Senkomsidoarjo.or.id | Sidoarjo - Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik Lebaran tahun ini, Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Komarudin, S.I.K., M.M., bersama Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Christian Tobing, S.I.K., M.H., M.Si., melakukan kunjungan kerja ke Pos Pelayanan Terpadu Terminal Purabaya Bungurasih, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo pada Rabu siang, 3 April 2024


Kunjungan ini menjadi salah satu bentuk pengawasan langsung oleh jajaran kepolisian terhadap kesiapan fasilitas dan pengamanan di salah satu titik krusial arus mudik di Jawa Timur. Terminal Purabaya, yang dikenal sebagai salah satu titik nol perjalanan banyak pemudik dari berbagai daerah, kota, bahkan pulau, mendapatkan perhatian khusus dalam kunjungan ini.

Dalam wawancara eksklusif dengan CNN, Kombes Pol Komarudin menyampaikan bahwa intensitas arus mudik tahun ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Kami mengamati adanya lonjakan volume kendaraan yang cukup signifikan. Hal ini menandakan bahwa banyak warga yang memilih untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal," ujarnya.



Lebih lanjut, Kombes Pol Komarudin menambahkan bahwa Terminal Purabaya menjadi salah satu titik penting karena menjadi tempat transit bagi pemudik yang datang dari Pelabuhan Perak dan juga bagi mereka yang akan melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan, seperti Bali, Yogyakarta, dan lain-lain menggunakan bus dari terminal ini.

Dalam mengantisipasi puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi sekitar H-3 atau H-2 menjelang Lebaran, telah disiapkan penambahan armada oleh Dinas Perhubungan. "Kami berkoordinasi dengan Dishub untuk memastikan ketersediaan armada yang cukup, Insya Allah semua akan berjalan lancar," tambahnya.



Dari pantauan di lapangan, terlihat juga keterlibatan anggota Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo yang turut serta dalam pengamanan. Mereka berdiri siaga di pos pelayanan terpadu, mendukung kegiatan pengamanan bersama jajaran TNI-Polri dan stakeholder terkait.

F.Nuri, anggota Senkom yang bertugas dan juga Ketua Senkom Kecamatan Waru, menegaskan komitmen mereka dalam mendukung kelancaran mudik Lebaran. "Kami di sini, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Senkom, untuk melakukan pengabdian kepada bangsa dan negara. Kami berpartisipasi aktif membantu pemerintah, TNI, dan Polri dalam pengamanan serta pemantauan arus mudik Lebaran 2024," ucap F.Nuri.



Kunjungan ini menjadi simbol sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak dalam memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran arus mudik Lebaran, sebagai bagian dari upaya mewujudkan perjalanan yang aman dan lancar bagi seluruh pemudik.(ac)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara